Home Ekobis Anggota DPD RI, Yusran Silondae: RDM Bisa Jadi Wahana Promosi Daerah dan...

Anggota DPD RI, Yusran Silondae: RDM Bisa Jadi Wahana Promosi Daerah dan Saran Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

0
Plt. Gubernur Sultra Saleh Lasata, dan Anggota DPD RI Yusran Silondae Berpose Bersama Seusai Kegiatan
Make Image responsive

 

SUARASULTRA.COM, KENDARI – Akhir pekan kemarin DPD RI melalui Badan Kerjasama Parlemen (BKSP) mengadakan Regional Diplomatic Meeting (RDM) di Bintan, Kepulauan Riau. RDM merupakan kegiatan untuk mempertemukan antara kebutuhan daerah dalam bidang investasi dan non investasi dengan pihak luar negeri dengan difasilitas oleh anggota DPD RI.

 

Jadi ini adalah pertemuan tripartite, di mana Provinsi diwakili oleh Gubernur atau pejabat tinggi daerah sedangkan negara sahabat diwakili oleh duta besar atau pejabat tinggi kedutaan/konsulat.

 

Berdasarkan informasi dari pihak Panitia bahwa terdapat 8 kedutaan negara sahabat, 24 perwakilan provinsi dan 22 Anggota DPD RI, termasuk anggota DPD RI asal Provinsi Sulawesi tenggara Drs. H. Yusran A. Silondae, M.Si yang merupakan anggota BKSP DPD RI yang turut menghadiri acara tersebut.

 

Plt. Gubernur Sulawesi Tenggara Saleh Lasata mengatakan, bahwa acara inti berupa round table discussion antara seluruh provinsi di Indonesia dengan negara sahabat dimana anggota BKSP DPD RI sebagai fasilitator.

 

“Sebagai hasil dari kegiatan tersebut, DPD RI akan Bentuk Forum Kelompok Kerjasama berupa Working Group. Artinya bahwa untuk mengefektifkan hasil dari pertemuan tersebut, DPD RI akan menindaklanjutinya dengan pembentukan Forum Kelompok Kerjasama (Working Group) untuk memonitor kerja sama yang terjalin secara berkelanjutan,” jelasnya melalui Via telepon genggamnya. Minggu, (19/11/2017 ).

 

Lebih jauh Ia menjelaskan, Working Group sejatinya adalah sebagai representasi dari kepentingan dan aspirasi daerah, di mana DPD RI tidak hanya akan berperan sebagai fasilitator pembicaraan di acara tersebut. Hal ini sejalan dengan Wacana yang berkembang yang menunjukkan bahwa daerah ingin DPD RI terus berperan secara berkesinambungan dalam pembangunan daerah.

 

Plt. Gubernur Sultra Saleh Lasata, ( tengah ) dan Anggota DPD RI Yusran Silondae (kanan) Berpose Bersama Seusai Kegiatan.

“Wacana ini mengemuka dalam technical meeting persiapan RDM beberapa waktu yang lalu.¬†Memperhatikan aspirasi itu, BKSP DPD RI bermaksud membentuk sebuah kelompok kerja (working group) monitoring kerjasama Daerah-Luar Negeri,” tambah Saleh Lasata

 

Working group ini akan menjadi pusat data base dan pertukaran informasi kerjasama daerah-luar negeri sekaligus menjadi tempat untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berpotensi muncul dalam kerjasama tersebut.

 

“Dengan adanya working group, sinergi antara berbagai stake holder bisa selalu tercipta dan hubungan kerjasama daerah-luar negeri bisa berdampak nyata bagi kemajuan dan kesejahteraan daerah,” harapnya.

 

Di tempat yang sama Drs. H. Yusran A Silondae M.Si menegaskan bahwa, pihaknya berharap agar RDM 2017 dapat ditindaklanjuti melalui mekanisme kelompok kerjasama atau Working Group dan itu sudah menjadi keputusan di DPD RI dalam memperjuangkan kepentingan daerah, sehingga interaksi daerah dan luar negeri tidak lagi merupakan urusan yang bersifat ad-hoc, tetapi akan menjadi sebuah mekanisme kerja sama yang berkelanjutan dan berjangka panjang.

 

“Ini tentunya bisa menjadi wahana bagi semua pihak untuk berbagai informasi, memperkuat sistem monitoring bersama, dan saling memberikan saran untuk menciptakan sinergi dalam pembangunan dan penyelesaian masalah baik ekonomi, sosial dan lainnya,” ucap Senotor Yusran A. Silondae.

 

Menurutnya, Sultra bisa mempromosikan potensi ekonominya, parawisata dan sektor lainnya ke seluruh dunia agar lebih dikenal dan berdampak pada pembangunan ekonomi masyarakat daerah secara berkelanjutan.

 

“Melalui rangkaian acara formal dan non formal selama 2 hari tersebut, terjalin komunikasi yang lebih erat antara daerah dan luar negeri. Dengan demikian diharapkan masing-masing pihak bisa menemukan peluang-peluang baru bagi kerjasama yang saling menguntungkan,” tutup Mantan Plt Gubernur Sultra itu.

 

Laporan : Adam

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsiveMake Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here