Home / Daerah / Giat Bursa Inovasi Desa, Kades dan BPD Wajib Hadir

Giat Bursa Inovasi Desa, Kades dan BPD Wajib Hadir

Ketgam : Ketua TPID Kecamatan Sawa, Iman Dermawan, SH

SUARASULTRA.COM, KONUT – Kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) Tingkat Kecamatan se – Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), akan dilaksanakan pada Sabtu (20/7/2019) bertempat di Kecanatan Sawa.

Dalam acara tersebut, semua Kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di 3 Kecamatan diwajibkan untuk hadir.

Ketua Panitia acara Bursa Inovasi Desa kecamatan Sawa, Iman Dermawan, SH kepada SuaraSultra.Com mengatakan bahwa kegiatan yang rencananya dibuka langsung oleh Bupati Konut tersebut wajib dihadiri pemerintah desa setempat dalam hal ini Kades dan BPD.

Selain itu kata ketua TPID Kecamatan Sawa ini, kegiatan tersebut juga akan diikuti oleh beberapa kepala SKPD lingkup Kabupaten Konut, para Camat dan tokoh masyarakat dari 3 Kecamatan yakni Kecamatan Lembo, Sawa dan Motui.

” Undangan kegiatan ini kami sudah edarkan ke seluruh pihak. Kemudian masing – masing Kepala Desa diwajibkan mengikuti kegiatan dengan menyertakan BPD 1 orang dan tokoh masyarakat 1 orang (diutamakan) tokoh masyarakat dari unsur genre,” kata Iman saat ditemui di kompleks Kantor Kecamatan Sawa, Kamis (18/07/2019).

Dikatakan, kegiatan Bursa Inovasi Desa bertujuan untuk melahirkan suatu kerja sama yang lebih baik antara pemerintah desa dan pihak BID. Lalu kemudian akan ada penawaran bursa program inovasi yang nantinya dapat meningkatkan pembangunan di desa.

“Setiap kawasan perdesaan pasti memiliki banyak potensi yang perlu dikembangkan sehingga pemerintah pusat melalui Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) , membuat suatu program Inovasi Desa. Selain itu, diharapkan nanti kegiatan ini akan mewujudkan desa mandiri dan masyarakat sejahtera,” tutur Alumni Universitas Sulawesi Tenggara tahun 2014 itu.

Diketahui, Tim Pelaksana Bursa Inovasi Desa beranggotakan dari beberapa unsur diantaranya Pendamping Provinsi (PP), Pendamping Kabupaten (PK), Pendamping Kecamatan (PK) dan Pendamping Lokal Desa (PLD).

Sementara itu, untuk kegiatan Inovasi Desa untuk 3 Kecamatan yaitu Lembo, Sawa, Motui akan dipusatkan di Kompleks Kantor Kecamatan Sawa.

Sedangkan untuk daerah lain seperti Kecamatan Molawe, Lasolo, Wawolsea dan Lasolo Kepulauan , Kegiatan serupa akan dipusatkan di Kecamatan Lasolo.

Laporan : Aras Moita

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top