Home / Ekonomi & Bisnis / Gelar Musrenbang, Pemda Konut Siap Wujudkan Usulan Masyarakat
Make Image responsive
Make Image responsive

Gelar Musrenbang, Pemda Konut Siap Wujudkan Usulan Masyarakat

Sekda Konut Dr. H. Martaya, M. Kes saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Musrenbang RKPD Konut tahun 2021 di Kecamatan Sawa pada hari ini Senin (17/02/2020). Foto: Aras Moita

SUARASULTRA.COM|KONUT – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat Kecamatan di Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) adalah momen yang paling tepat penyaluran aspirasi masyarakat.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Bupati Konut melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Konut Dr. H. Martaya saat membuka kegiatan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2021 di Kecamatan Sawa pada hari ini, Senin (17/02/2020).

“Kegiatan musrenbang adalah momen tepat untuk menampung dan menindaklanjuti usulan masyarakat perdesaan di daerah ini. Usulan yang telah diajukan kepada Pemda akan menjadi pembahasan di tingkat Kabupaten dan pemerintah daerah siap mewujudkan sesuai kondisi anggaran,” kata H. Martaya.

Menurutnya, pelaksanaan pembangun dibutuhkan sinergitas antar lembaga, persatuan dan kesatuan antar pemerintah dan masyarakat sehingga pelaksanaan perencanaan pembangun lebih tepat sasaran dan berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Program pembangunan ke depan diharapkan lebih meningkat sehingga berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat,” ucap Sekda Konut dalam acara musrenbang RKPD tahun 2021 di aula Kecamatan Sawa.

Peserta Musrenbang RKPD Konut tahun 2021 tingkat Kecamatan Sawa pada Senin (17/02/2020)

Masih di tempat yang sama, Camat Sawa Asrun, S.Ag menjelaskan bahwa Wilayah Kecamatan Sawa memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah dan dapat mendukung percepatan pembangunan di daerah Konut seperti potensi pertanian, pertambangan dan potensi kelautan dan perikanan.

“Dengan potensi yang kita miliki, maka diharapkan peran serta masyarakat dan pemerintah dapat bersinergi menciptakan sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang pada akhir berdampak terhadap anggaran pembanguan dan kesejahteraan masyarakat,”kata Asrun.

Menurut mantan Sekcam Motui tersebut, di wilayah Kacamatan Sawa ada sejumlah desa yang memiliki potensi yang besar dan menjadi sumber kehidupan masyarakat desa diantaranya adalah potensi Pertanian di Desa Matanggonawe, Puupi dan Kokapi. Sementara potensi tambang batu gunung ada di Desa Pekaroa, Matanggonawe dan Pudonggala serta yang lebih terpenting juga potensi kelautan dan perikanan berada di desa Ulu Sawa, Laimeo dan Tanjung Laimeo.

Dalam kegiatan Musrenbang RKPD Konut tahun 2021 diawali di Kecamatan Wiwirano dan akan berakhir di Kecamatan Lasolo Kepulauan.

Dalam kegiatan tersebut dipimpin oleh Bupati Konut dan diikuti DPRD Konut, para Kepala SKPD, TNI dan Polri, Camat, Kades dan Lurah, Unsur BPD, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda.

Laporan: Aras M

About redaksi

Make Image responsive

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top