Home / Daerah / Jalan Penghubung Antar Kecamatan di Konawe Selatan Tergenang Banjir, Pengguna Jalan Harap Pemda Beri Perhatian
Make Image responsive

Jalan Penghubung Antar Kecamatan di Konawe Selatan Tergenang Banjir, Pengguna Jalan Harap Pemda Beri Perhatian

Make Image responsiveMake Image responsive

Kondisi Jalan Penghubung Kecamatan Basala dengan Kecamatan Lalembuu

SUARASULTRA.COM | KONSEL – Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Wilayah Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada hari Jumat 30 September 2022 kemarin menyebabkan beberapa ruas jalan tergenang banjir.

Salah satu ruas jalan yang tergenang banjir yaitu jalan poros Kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Basala dengan Kecamatan Lalembuu.

Menurut warga setempat, jalan lintas Kabupaten ini sudah sering tergenang air jika hujan turun dengan intensitas tinggi.

”Kemarin hujan turun dari pagi hingga malam, biasanya jalan ini menjadi langganan luapan air sungai Roraya,” ujar Ahdi (58) warga Basala, Sabtu 1 Oktober 2022.

Ahdi menjelaskan, tekstur jalan yang berada dalam posisi rendah membuat jalan ini akan cepat tergenang luapan air, dan biasanya akan surut setelah satu hari.

”Pagi tadi belum setinggi ini, baru sebatas lutut, mobil dan motor masih bisa melintas. Sekarang tidak bisa lagi, harus menunggu airnya surut dan biasanya butuh waktu satu hari airnya baru turun,” jelasnya.

”Sebaiknya Pemda mencarikan solusi, apalagi ini jalan utama yang digunakan warga untuk mendukung perputaran ekonomi keluarga,” sambung warga lainnya.

Dari hasil pantauan awak media ini, ketinggian air untuk di ruas jalan kurang lebih 60 centimeter. Sejumlah kendaraan baik roda empat maupun roda dua terpaksa berhenti sambil menunggu air surut untuk melanjutkan perjalanan.

Sejumlah kendaraan berhenti untuk menunggu surutnya banjir tersebut. Bahkan tampak ada juga beberapa pengendara yang memilih menyimpan kendaraannya lalu menerobos genangan air dengan berjalan kaki.

Atas kejadian tersebut, sejumlah pengguna jalan lainnya berharap Pemerintah Konawe Selatan melalui instansi terkait agar memberikan perhatian. Minimal menambah ketinggian badan jalan agar kejadian ini tidak terulang pada saat musim penghujan.

Hingga berita ini diterbitkan, Dinas terkait belum bisa dikonfirmasi.

Laporan: Andri

Make Image responsive

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
error: Content is protected !!