Home / Daerah / Kopi Mattabulu Soppeng Meriahkan Pameran Wisata Kuliner MotoGP Mandalika
Make Image responsive
Make Image responsive

Kopi Mattabulu Soppeng Meriahkan Pameran Wisata Kuliner MotoGP Mandalika

Make Image responsiveMake Image responsive

Kopi Mattabulu diperkenalkan kepada tamu yang berkunjung di Stand Pameran Kabupaten Soppeng. Foto: Istimewa

LOMBOK – Pemerintah Republik Indonesia menjadikan Event MotoGP Mandalika sebagai ajang promosi produk dalam negeri. Berbagai karya anak bangsa dipamerkan di lokasi balapan. Salah satunya Kopi Mattabulu Soppeng.

Produk lokal dari Desa Mattabulu, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng tersebut turut meriahkan Pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sirkuit MotoGP Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pengelola Produk Lokal Mattabulu, Endrik mengatakan, produk asli Mattabulu tersebut dibawa oleh Badan Promosi Wisata Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama Pemerintah Kabupaten Soppeng untuk untuk dipasarkan di Pameran UMKM sejak Jumat 18 Maret 2022.

“Produk kami dibawa melalui Badan Promosi Sulsel untuk dipasarkan di Sirkuit Mandalika oleh Pemkab Soppeng,” kata Endrik, Minggu 20 Maret 2022.

Endrik merasa bersyukur, produk lokal dari desanya bisa berpartisipasi dan memeriahkan pameran tersebut, bersama dengan produk UMKM dari seluruh Indonesia.

Dia berharap, dengan hadirnya produk Lokal Mattabulu, khususnya Kopi Mattabulu, masyarakat luas bisa lebih mengenal produknya.

“Tentu yang kita harapkan adalah memberikan dampak yang signifikan kepada produk kami, serta dapat mendukung produk UMKM yang ada,” jelasnya.

Selain Kopi, UMKM Mattabulu juga memiliki beberapa produk lain seperti, Madu, Gula Semut, Gula Merah, Dodol Pangi dan produk lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas UMKM & PPK Pemkab Soppeng, Drs Sarianto mengatakan, selain produk dari Mattabulu, ada beberapa produk lain juga ikut untuk mewakili UMKM Soppeng.

“Beberapa produk UMKM Soppeng turut dihadirkan di Pameran Nasional di Mandalika,” kata Sarianto.

Adapun produk UMKM Soppeng Goes To Mandalika lanjut dia, yakni Kopi Mattabulu dari Desa Mattabulu, Sarebba Instan dari Desa Timusu, Kripik Pada Idi Daun Kelor dari Desa Pacongkang, Bolu Cukke Sunrise, Nurul Snack, Produk Kesehatan Empiris dan produk lokal lainnya

Dirinya pun berharap, dengan ikutnya beberapa produk lokal Soppeng, bisa memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM yang ada di Soppeng.

“Harapan kita tentu bagaimana menasionalkan UMKM kita, sehingga bisa menambah gairah para pelaku UMKM yang di Soppeng,” jelasnya.

Lebih lanjut mantan Kadis Kominfo Soppeng ini mengatakan, berpartisipasinya Soppeng pada Pameran UMKM Goes To Mandalika ini merupakan peluang, sehingga perlu dimanfaatkan dengan baik.

“Ini merupakan peluang, dan tentu kita juga harus tetap terus meningkatkan kualitas produksi kita,” terangnya.

Faizal Malik, Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel juga turut mensupport produk UMKM Soppeng untuk meramaikan jajanan kuliner di pentas internasional dalam event MotoGP Mandalika.

Sekedar diketahui, penyelenggaraan seri MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat berlangsung pada 18-20 Maret 2022.

Laporan: Sukardi Muhtar

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
error: Content is protected !!