Home / Daerah / HUT RI ke 74, 168 Napi di Rutan Kelas II B Unaaha Dapat Remisi

HUT RI ke 74, 168 Napi di Rutan Kelas II B Unaaha Dapat Remisi

Ketgam : Kepala Rutan kelas IIB Unaaha, Herianto, A.Md, IP, SH, M.Si

SUARASULTRA.COM, KONAWE – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 74 tahun 2019, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum-HAM) RI memberikan remisi kepada 168 dari 318 warga binaan Rutan Kelas II B Unaaha.

Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Unaaha, Herianto mengatakan pemberian remisi kepada warga binaan yang telah memenuhi syarat berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor : 174 tahun1999 tentang remisi.

Menurut Herianto, untuk momentum HUT RI ke 74 ini, selaku kepala Rutan dirinya mengusulkan semua Nara Pidana yang bersyarat untuk mendapatkan remisi. Karena kata dia, warga binaan yang memenuhi syarat wajib mendapatkan penghargaan dari negara berupa pemberian remisi.

“Ini bentuk penghargaan negara kepada warga binaan yang memenuhi syarat untuk menerima remisi. Penghargaan ini diberikan oleh negara kepada Nara Pidana pada HUT RI ke 74 ini. Penyerahannya nanti pada tanggal 17 Agustus selesai pelaksanaan upacara,”kata Herianto.

Menurut Kepala Rutan,168 warga binaan yang mendapat remisi tersebut itu terbagi dalam dua kategori. 160 diberikan kepada Napi dewasa dan 8 diberikan kepada Napi anak.

“Dari 13 Warga binaan khusus anak, hanya 8 orang napi anak mendapat remisi pada saat hari anak. Empat orang belum memenuhi syarat dan satu orang lagi masih berstatus titipan sehingga mereka belum dapat remisi di HUT RI ke 74 ini,” ujarnya.

Dikatakan, Rutan Kelas II B Unaaha saat ini dihuni oleh 13 orang napi anak dan 305 napi dewasa.

Herianto menjelaskan bahwa warga binaan Rutan kelas II B Unaaha saat ini terkait beberapa perkara. Namun kata dia yang dominan adalah perkara yang berkaitan dengan UU Perlindungan Anak.

“Perkara yang berkaitan dengan UU Perlindungan Anak 84 orang, Narkotika 53, Pencurian 52 dan sisanya Pidana Umum,” tutupnya.

Diketahui, Rutan Kelas II B Unaaha dihuni para napi dari 3 kabupaten. Ketiga Kabupaten tersebut yakni Konawe, Konawe Utara (Konut) dan Konawe Kepulauan (Konkep).

Laporan : Redaksi

Make Image responsive2019-08-15

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top