Home / Ekonomi & Bisnis / Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, Kades Waturai Ajak Warga Budidaya Ikan Air Tawar
Make Image responsive
Make Image responsive

Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, Kades Waturai Ajak Warga Budidaya Ikan Air Tawar

Make Image responsiveMake Image responsive

Program Cetak Kolam Ikan Air Tawar Desa Waturai Kecamatan Wonggeduku Barat

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Dalam upaya membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Waturai Kecamatan Wonggeduku Barat (Wobar) Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengajak warganya untuk budidaya ikan air tawar.

Tidak hanya sekedar mengajak, Pemdes Waturai pun membuat program cetak kolam ikan air tawar bagi warga yang memiliki lahan yang belum dimanfaatkan.

Kepala Desa Waturai Rudin L mengatakan pembuatan kolam tersebut bertujuan membantu meningkatkan pendapatan warga. Kata dia, dengan adanya kolam ikan ini, warga bisa membudidayakan ikan air tawar.

“Kita ingin masyarakat yang punya lahan tidur bisa dimanfaatkan untuk usaha budidaya ikan air tawar. Ini kita harapkan dapat membantu perekonomian keluarga,” kata Rudin, Kamis 12 Mei 2022.

Masih kata Kades, selain menjadi konsumsi keluarga, ikan air tawar ini juga sangat laku di pasaran. Tentu dengan harapan ini dapat membantu ekonomi keluarga.

Menurut Rudin, program cetak kolam ikan air tawar ini menggunakan Dana Desa tahun 2022. Ia pun menyebut cetak kolam ini menghabiskan anggaran sebesar Rp. 165.700.000 (Seratus Enam Puluh Lima Juta Tujuh Ratus Ribu Rupiah) untuk 14 petak kolam berukuran rata – rata 15×15 meter.

“Tahun ini kami baru bantu untuk cetak kolamnya. Insya Allah tahun depan kita anggarkan untuk pengadaan bibit ikannya,” pungkas Rudin.

Rudin menjelaskan, program cetak kolam ini sesuai dengan program pemerintah Kabupaten Konawe. Sehingga dirinya pun memaksimalkan potensi lahan warganya yang belum tersentuh program dari Dinas Perikanan Konawe.

Laporan: Sukardi Muhtar

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
error: Content is protected !!