Home Advetorial Monitoring Pasca Banjir, Kadis Tanaman Pangan Siap Bantu Petani

Monitoring Pasca Banjir, Kadis Tanaman Pangan Siap Bantu Petani

0
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

 

Suarasultra.com, Unaaha – Kepala dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Konawe, Ir.Syahrudin, M.Si turun langsung memonitoring areal pertanaman pangan warga desa Waworaha, Kecamatan Lambuya Kabupaten Konawe yang terkena dampak bencana banjir, Rabu ( 24/5/2017).

Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan bersama Kaur Pemerintahan Desa Waworaha saat meninjau kebun jagung warga yang terendam banjir beberapa waktu lalu, Foto : Sukardi.

Dalam kunjungan monitoring pasca banjir tersebut, Ir.Syahrudin ditemani oleh Kaur Pemerintahan desa Waworaha, Amir untuk meninjau secara langsung titik – titik lokasi yang terkena dampak.

Ir.Syahrudin pada kesempatan ini juga menyempatkan diri meninjau tanggul yang bobol sepanjang kurang lebih 50 meter.Akibat bobolnya tiga tanggul di desa Waworaha, ratusan hektar tanaman pangan jangka pendek petani terendam bahkan ada sampai hanyut terbawa arus.

Kepala dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Syahrudin saat ditemui di lokasi mengaku sangat prihatin atas musibah yang menimpa petani tersebut.

Selaku Kadis, ia akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu meringankan beban petani setempat.

” Kita akan siapkan bibitnya supaya petani kita bisa menanam kembali tanpa harus membeli lagi bibit,” katanya.

Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Konawe, Ir.Sahrudin ( baju putih ) bersama Kaur Pemerintahan Desa Waworaha, Amir,  saat meninjau tanggul yang bobol di dusun III, Foto : Sukardi.

Terkait dengan kondisi tanggul yang bobol, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas PU dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe.

Menurut Kadis, sebelum turun memantau ke lapangan ia sudah mendapat laporan dari UPTD setempat tentang rincian luas areal tanaman pangan warga yang terendam banjir.

” Berdasarkan laporang anggota kami di lapangan ada kurang lebih seratus Hektar. Diantaranya, 40 Ha tanaman jagung siap panen, 40 Ha yang berumur tiga hingga empat minggu,15 Ha Cabe rawit dan 10 Ha lombok besar serta tanaman terong dan tomat serta tanaman lainnya,” kata Syahrudin merinci areal tanaman pangan yang terendam banjir beberapa waktu lalu.

Ir.Syahrudin saat meninjau kebun cabe milik warga yang terendam banjir beberapa waktu lalu. Foto : Sukardi.

Sementara itu, Kaur Pemerintahan Desa Waworaha, Amir mengatakan akibat banjir itu, sedikitnya kurang lebih 100 Ha areal pertanaman pangan warga terkena dampak.

” Petani kita merugi kurang lebih seratus juta rupiah,”kata Amir saat meneman√¨ Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Konawe, Ir.Syahrudin. ( RED )

 

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsiveMake Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here