Home / Lipsus / Advetorial / Resmikan Pembangunan Gedung Baru SDN Wonua Morome, Kadis Pendidikan Konawe: Kepala Sekolah Perempuan Paling Berprestasi

Resmikan Pembangunan Gedung Baru SDN Wonua Morome, Kadis Pendidikan Konawe: Kepala Sekolah Perempuan Paling Berprestasi

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe Suriyadi, S.Pd, M.Pd (tengah) didampingi Kepala Sekolah Dasar Negeri Wonua Morome Hj. Asni, S.Pd, M.Pd (kiri), Kepala Bidang Pendidikan Dasar Tira Liambo, S.Kom, M.Pd (kanan) saat menggunting pita sebagai tanda peresmian gedung baru SDN Wonua Morome, Kamis (21/11/2019).

SUARASULTRA.COM, KONAWE – Pemerintah Kabupaten Konawe melalui Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Konawe terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan di wilayah setempat. Upaya tersebut dimulai dari peningkatan sarana dan prasarana pendidikan untuk menunjang proses belajar mengajar.

Salah satu contoh keseriusan Pemda Konawe melalui Dinas Pemdidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe untuk meningkatkan mutu pendidikan yakni telah diresmikannya bangunan gedung baru Sekolah Dasar Negeri (SDN) Wonua Morome di Desa Wonua Morome Kecamatan Puriala Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (21/11/2019).

Peresmian Gedung Baru SDN Wonua Moreme ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe Suriyadi, S.Pd, M.Pd mewakili Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa yang berhalangan hadir.

Saat melakukan pengguntingan pita sebagai pertanda peresmian gedung sekolah tersebut, Suriyadi didampingi oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri Wonua Morome Hj. Asni, S.Pd, M.Pd dan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Tira Liambo, S.Kom, M.Pd.

Diketahui, pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun anggaran 2019 ini telah menggelontorkan anggaran miliaran rupiah untuk pembangunan gedung baru dan revitalisasi Ruang Kelas Baru (RKB) SDN Wonua Morome.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Konawe Suriyadi, S.Pd, M.Pd saat mendapat kalungan bunga dari Kepala SDN Wonua Morome Hj. Asni, S.Pd, M.Pd

Dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp. 1,1 miliar tersebut untuk membiayai pembangunan empat gedung baru yakni Kantor, Rumah Dinas Kepala Sekolah, Ruang Ibadah (Musala) dan Toilet (Pria dan Wanita).

Selain itu, anggaran tersebut juga dimanfaatkan untuk merenovasi empat gedung dengan jumlah delapan Ruang Kelas Baru (RKB). Proyek pembangunan gedung baru dan renovasi RKB tersebut merupakan Swakelola (Tim Pelaksana Renovasi SD Negeri Wonua Morome).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe Suriyadi, S.Pd M.Pd pada kesempatan tersebut mengatakan pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan tetap komitmen menjadikan dunia pendidikan sebagai garda terdepan untuk mencerdaskan anak bangsa khususnya di Konawe.

Sehingga, dirinya terus berupaya untuk mendorong peningkatan anggaran pendidikan guna menunjang sarana dan prasarana pendidikan seperti yang kita saksikan hari ini (Persemian gedung SD Negeri Wonua Morome).

“Semoga tahun depan ada lagi sekolah yang mendapatkan bantuan serupa dan tidak jauh dari Puriala. Kami akan perjuangkan itu,” kata pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe itu.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Konawe disambut ratusan murid SDN Wonua Morome

Menurut Kadis, sekolah yang bakal mendapat bantuan serupa pada tahun anggaran 2020 mendatang berada di Kecamatan Uepai dan tim verifikasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Prosesnya sama dengan SDN Wonua Morome ini. Tapi nama sekolahnya belum bisa saya sebutkan. Karena ini masih tahap pengusulan,” ujarnya.

Terkait dengan pembangunan gedung baru dan renovasi empat gedung dengan delapan RKB di SDN Morome, Suriyadi menyebut tidak meragukan kualitas pembangunannya. Ia sangat yakin, meski kepala sekolah seorang perempuan tetapi Kepala Sekolah Negeri Morome masih memiliki kepedulian yang kuat terhadap kemajuan dunia pendidikan di wilayah setempat.

“Saya yakin dan saya tidak meragukan apa yang telah dilaksanakan oleh ibu kepala sekola. Alhamdulillah, walaupun beliau kepala sekolah perempuan tapi apa yang kita saksikan saat ini sama dengan pekerjaannya dengan kepala sekolah laki-laki,” puji Suriyadi.

Pada setiap kesempatan lanjut Suriyadi dirinya selalu menyampaikan di setiap pertemuan resmi kepala sekola SD maupun SMP bahwa berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, yang sangat berprestasi saat ini adalah kepala sekolah perempuan.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Konawe Suriyadi, S.Pd, M.Pd saat meninjau pembangunan gedung baru SDN Wonua Morome bersama Kapolsek Puriala Ipda Hamsar

“Saya harap ini menjadi cambuk buat kepala sekolah laki-laki untuk lebih meningkatkan prestasi dalam memimpin di sekolah masing-masing,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah Dasar Negeri Wonua Morome Hj. Asni, S.Pd, M.Pd kepada awak media mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Konawe dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah memperjuangkan sekolah yang ia pimpin untuk mendapatkan anggaran revitalisasi tersebut.

“Alhamdulillah, berkat perjuangan Pemda melalui Dinas Pendidikan, sekolah kami satu satunya di Konawe yang mendapatkan bantuan ini,” katanya.

Dengan kondisi fasilitas sekolah yang sudah memadai tersebut, Hj Asni mengaku membutuhkan tiga tenaga teknis untuk mengelola Laboratorium Komputer, Laboratorium IPA dan Perpustakaan.

“Tentunya yang berlatarbelakang pendidikan sesuai dengan di atas,” harapnya.

Untuk diketahui, jumlah Murid SDN Wonya Morone untuk tahun pengajaran 2019/2020 sebanyak 119 murid dengan guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) 5 orang dan Guru Tidak Tetap (GTT) 5 orang.

Laporan: Sukardi Muhtar

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top