Home / Daerah / Ruksamin Kawal Perawatan Balita Penderita Kanker Asal Tongauna

Ruksamin Kawal Perawatan Balita Penderita Kanker Asal Tongauna

Bupati Konut H.Ruksamin (Kanan) bersama Kadis Kesehatan dan Penghubung Konut sedang membahas tentang Pasien Kanker Alfan Zaki asal Desa Tongauna Kecamatan Sawa. Foto: Aras Moita

SUARASULTRA.COM, KONUT – Setelah proses rujukan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) langsung mengawal pengobatan dan perawatan medis kepada balita bernama Alfan Zaki (3) di Rumah Sakit (RS) Wahidin Makassar.

Anak dari pasangan suami istri (pasutri) Jaswan dan Winda warga asal Desa Tongauna Kecamatan Sawa tersebut telah didiagnosis mengidap penyakit Kanker darah (Leukemia) serta infeksi usus dan pembengkakan hati.

Bupati Konut, H. Ruksamin kepada SUARASULTRA.COM mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Konut dan Kantor Penghubung Konut untuk bersama mendampingi Alfan Zaki selama masa perawatan.

Hal tersebut adalah perhatian dan tanggung jawab pemerintah untuk menyelamatkan jiwa yang membutuhkan pertolongan.

“Secara pribadi dan atas nama pemerintah daerah, kami mengawal langsung pengobatan Alfan Zaki termasuk memberikan bantuan biaya serta kita mengurus tempat tinggalnya. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban pihak keluarganya dan kesembuhan adik kita ,” kata Ruksamin pada Selasa (26/11/2019).

Menurut Ruksamin, pihaknya telah berkomunikasi langsung dengan pihak keluarga Alfan untuk mendampingi selama perawatan medis. Selain itu, Pemda Konut juga langsung berkomunikasi ke RS Wahidin Makassar agar perawatan bocah lelaki 3 tahun tersebut dapat dipindahkan ke RS. Darmais Jakarta.

“Saya meminta agar Alfan Zaki ini secepatnya bisa dipindahkan dari RS.Wahidin Makassar ke RS Darmais Jakarta rumah sakit yang menangani masalah kanker hal ini dilakukan agar lebih maksimal penanganannya dan prosesnya melalui Dinas Kesehatan Konut segera kami urus rujukannya dan berkoordinasi kepada pihak RS Wahidin untuk proses tindak lanjutnya diupayakan minggu depan bisa dirujuk ke Jakarta,” kata Ketua DPW Partai Bulan Bintang Sultra tersebut.

Alfan Zaki (3) pasien penyakit Kanker Darah yang sangat membutuhkan bantuan dari para dermawan

Melalui via telepon pribadi, Jaswan ayah kandung Alfan Zaki kepada SUARASULTRA COM mengaku sangat bersyukur atas perhatian dan dukungan dari pemerintah daerah Kabupaten Konawe Utara .

Menurut Jaswan, bantuan yang diperoleh dari H.Ruksamin sangat membantu pihak keluarga untuk memenuhi kebutuhan pengobatan anak simata wayangnya itu.

“Saya ditelpon langsung oleh pak Bupati Konut tekait bantuan pengobatan, biaya dan pendampingan tempat tinggal kami selama proses pengobatan dan perawan medis anak saya. Tidak tahu mau bilang apa lagi kasian pak, kami orang kurang mampu begini sangat bersyukur sekali bisa dibantu dari pemerintah daerah dan kami sangat bersyukur dan berterima kasih sekali kepada Allah SWT dan kepada Bapak H.Ruksamin bersama jajarannya tak lupa juga kami keluarga Alfan Zaki mengucapkan terima kasih banyak,”terang Jaswan.

Untuk diketahui, pihak keluarga pasien sampai saat ini terkendala soal biaya. Jaswan orang tua Alfan Zaki hanya bekerja sebagai sopir mobil. Dengan Profesi tersebut, Jaswan mengaku tak dapat memenuhi segala biaya perawatan anak dan juga kebutuhan hidup, sehingga dirinya masih berharap bantuan doa uluran tangan dari para dermawan.

Bagi yang bersedia membantu dapat memberikan bantuannya melalui nomor rekening BNI 0645724099 atas nama Jaswan.

Laporan: Aras Moita

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top