Home / Politik & Hukum / Dua Divisi Kanwil Sultra Lakukan Monev dan Diseminasi P2HAM di Rutan Unaaha
Make Image responsive

Dua Divisi Kanwil Sultra Lakukan Monev dan Diseminasi P2HAM di Rutan Unaaha

Make Image responsiveMake Image responsive

Suasana Monev di Rutan Unaaha

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Divisi Pemasyarakatan dan Divisi Pelayanan Hukum Kanwil Sultra menyambangi Rutan Unaaha, Rabu 29 September 2022. .Kedua divisi tersebut datang secara bersamaan tetapi dengan tujuan yang berbeda.

Divis Pas yang dipimpin Kadiv Pas H.Muslim datang untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap bidang kesehatan dan perawatan tahanan dan narapidana serta sidak rutin Satuan Ops Patnal Divisi Pas.

Sendangkan Divisi Pelayanan Hukum yang dipimpin Kepala Bidang HAM, Sunyoto melakukan diseminasi Pelayanan Publik Berbasis HAM.

Tim Monev Divisi Pas berfokus pada pelaksanaan pelayanan kesehatan kepada warga binaan di rutan Unaaha. Monitoring dilakukan pada obat-obatan yang tersedia pada klinik dan rekam medical para warga binaan.

Selanjutnya Tim Sat Ops Patnal bersama petugas Rutan Unaaha melakukan sidak di kamar-kamar hunian warga binaan. Hal ini dilakukan guna sebagai pencegahan dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban serta peredaran handphone dan narkoba di dalam Rutan.

Dari hasil sidak tersebut tidak ada ditemukan hal-hal yang mencurigakan. Tim Sat Ops Patnal hanya menemukan beberapa korek api, perlengkapan makan berbahan besi dan kaca serta alat cukur kumis yang selanjutnya disita untuk diamankan.

Selanjutnya Kadiv Pas Sultra juga meninjau Pos Wasrik Rutan Unaaha dimana Pos ini sebagai tempat penitipan handphone (HP) petugas ketika akan memasuki kantor sehingga lingkungan kantor steril penyalahgunaan handphone.

“Rutan Unaaha sudah sangat baik dalam melayani hak WBP dalam mendpatkan pelayanan Kesehatan dan situasi kemanan juga sangat kondusif selain itu semoga Lapas Rutan lain bisa juga bisa menerapkan hal yang sama untuk Pelaksanaan Pos Wasrik ini “ tutur H.Muslim

Di saat yang sama diseminasi Pelayanan Publik Berbasis HAM oleh Divisi Yankum juga sedang berlangsung di ruang kerja Kepala Rutan Kelas IIB Unaaha. Kegiatan Diseminasi ini dilaksanakan untuk memberikan penguatan dan modal pengetahuan tentang pelayanan publik berbasis Hak Asasi Manusia di Rutan Unaaha dalam mengimplementasikan nilai-nilai hak asasi manusia melalui pelayanan publik yang diberikan.

Dalam kegiatan diseminasi ini dilakukan sosialisasi penyampaian informasi terkait dengan indikator-indikator yang harus diterapkan dalam layanan berbasis HAM.

Laporan: Sukardi Muhtar

Make Image responsive

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
error: Content is protected !!