Home / Lipsus / Advetorial / Sukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Kesbangpol Butur Ikut Rapat Persiapan Bersama Kemendagri
Make Image responsive
Make Image responsive

Sukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Kesbangpol Butur Ikut Rapat Persiapan Bersama Kemendagri

Make Image responsiveMake Image responsive

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan politik (Kesbangpol) Buton Utara, Agus Pria Budiana S.Sos (kanan) bersama Asisten Perekonomian Setda Butur, H. Tasir, SE, M.Si

SUARASULTRA.COM | BUTON UTARA – Dalam rangka persiapan pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan politik (Kesbangpol) Buton Utara, Agus Pria Budiana S.Sos mengikuti rapat koordinasi bidang politik dan pemerintahan umum di daerah, Via Zoom Meeting di Aula Sekretariat Daerah (Setda) Butur, Selasa 1 Maret 2022.

Rapat tersebut diikuti oleh, Asisten Administrasi Umum Setda, H.Tasir, SE., M.Si serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Asrif Atmin, S.KM. Diketahui, rapat ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri, (Kemendagri).

Agus yang dikonfirmasi usai mengikuti rapat tersebut menjelaskan hal itu dilakukan dalam rangka menyukseskan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 mendatang.

“Iya, kita baru saja selesai mengikuti Rapat Koordinasi Bidang Politik dan Pemerintahan Umum di daerah terkait persiapan pemilu dan pilkada serentak Tahun 2024, tentu ini tidak lain adalah untuk mensukseskan pemilu dan pemilukada serentak yang bakal digelar 2024 nanti,” kata Agus di ruang kerjanya, Selasa 1 Maret 2022.

Dr. Drs. Bahtiar, M.Si, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri

Lebih lanjut, mantan Kadis Pendidikan Butur itu mengatakan dalam mensukseskan pemilu dan pilkada serentak 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang melaksanakan unsur Pemerintahan Umum di daerah akan melaksanakan berbagai bentuk kegiatan di lapangan.

“Saat ini kami (Kesbang) tengah melaksanakan berbagai bentuk kegiatan guna meningkatkan partisipasi masyarakat dan memelihara stabilitas politik dalam negeri jelang pemilu dan pilkada serentak,” jelas Agus sapaan akrabnya

Agus menambahkan, jelang pemilu dan pilkada serentak hingga hari pelaksanannya sedikitnya ada sepuluh jenis kegiatan yang akan dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik se Indonesia, dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dan memelihara stabilitas politik dalam negeri.

Kabag Humas dan Protokoler Butur Asrif Atmin, S.KM (kiri)

Menurut Agus, sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diberikan fungsi melaksanakan unsur Pemerintahan Umum di daerah, pihaknya akan melakukan berbagai kegiatan tersebut sebagaimana dituang dalam surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor : 950/ 5983 /Polpum, yang ditujukan Kepada Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia, Perihal Sukses Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Adapun berbagai bentuk kegiatan dimaksud antara lain Pendidikan Politik bagi Partai Politik ( Parpol) dan masyarakat.

Pembinaan Forum Kerukunan Umat Beragama. Kemudian Gerakan Kemitraan bersama Organisasi Kemasyarakatan Sipil dan Perguruan Tinggi mensukseskan Pemilu dan Piikasa Serentak Tahun 2024:

Pembinaan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) dan Forum Koordinasi Pimpinan di Tingkat Kecamatan (FORKOPIMCAM).

Pembumian Nilai-Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Bagi Masyarakat Mendukung Pemilu Serentak dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Kegiatan Sosialisasi Kesbangpol Butur kepada calon pemilih pemula dalam rangka menyukseskan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang

Forum Komunikasi Sosial Politik Dalam Rangka Harmonisasi Kerukunan Gan Partisipasi Masyarakat Menuju Sukses Pemilu Pilkada Serentak 2024.

Pembentukan dan Operasional Tim Pemantauan, & Penyelenggaraan dan Tahapan Peru Pilkada Serentak 2024.

Penguatan Iklan Layanan Masyarakat terkat Pemilu Pilkada 2024 dan | Pembumian Karya Seni dan Budaya Sebagai Perekat Persatuan dan kesatuan.

Agus juga menambahkan, pihaknya saat ini sudah malaksanakan beberapa kegiatan perihal meningkatkan partisipasi masyarakat dan memelihara stabilitas politik dalam negeri seperti yang di perintahkan Kemendagri.

Masih kata Kepala Kesbangpol Butur, menjelaskan dari sejumlah kegiatan tersebut di atas, setidaknya sudah beberapa jenis kegiatan yang dilakukan langsung di lapangan, dan berbagai kegiatan lain tengah dalam proses persiapan pelaksanaanya.

“Kami sudah lakukan kegiatan seperti yang diperintahkan Kemendagri. Sudah tiga kecamatan yaitu Kecamatan Bonegunu, Kambowa dan Kulisusu Utara. Kegiatannya adalah sosialisasi nilai-nilai kebangsaan, dengan mengangkat Tema Meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa”. Saat ini kami mempersiapkan segala sesuatunya untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya,”
pungkasnya.

Laporan: Anto Lakansai

Editor: Sukardi Muhtar

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
error: Content is protected !!