Home / Politik & Hukum / Warga Desa Puosu Jaya Berunjuk Rasa di Markas Brimob Polda Sultra, Begini Penjelasan Dansat Brimob
Make Image responsive

Warga Desa Puosu Jaya Berunjuk Rasa di Markas Brimob Polda Sultra, Begini Penjelasan Dansat Brimob

Make Image responsiveMake Image responsive

Plh Dansat Brimob Polda Sultra,Kombes Pol Hari Ganda Butar Butar saat menerima massa aksi, Senin 12 September 2022.

SUARASULTRA.COM    |  KENDARI     –  Warga dari Desa Puosu Jaya, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), menggelar aksi unjuk rasa di Markas Komando Brimob Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin 12 September 2022

Unjuk rasa ini terkait persoalan lahan warga yang diduga dikuasai oleh Brimob Polda Sultra.

Berdasarkan pantauan awak media ini, personel Brimob mempersilahkan massa aksi untuk masuk ke dalam Markas membahas soal lahan yang dipermasalahkan.

Pelaksana Harian (Plh) Dansat Brimob Polda Sultra, Kombes Pol Hari Ganda Butar Butar pada kesempatan tersebut menjelaskan kepada massa aksi bahwa status lahan yang dipersoalkan telah memiliki kekuatan hukum berdasarkan SK 137 tahun 1980 dan dikuatkan dengan putusan Mahkamah Agung (MA).

“Lokasi yang diklaim oleh beberapa warga sudah berproses secara perdata bahkan sampai tingkat Mahkamah Agung MA dengan Putusan Nomor perdata 51/I2006/1844k/ 2004, bahwa lokasi yang dipersoalkan adalah sah kepemilikan Sat Brimob Polda Sultra,” jelas Kombes Pol Hari Ganda kepada awak media.

“Sudah bersertifikat dengan NIB : 21.07.04.09.00511, tertanggal 25 September 2015. Sertifikat terlampir, dan ini sudah masuk dalam SIMAK BMN, yakni Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi (SIMAK) Barang Milik Negara (BMN),” sambungnya

Lebih lanjut, Kombes Pol Hari menjelaskan bahwa tanah seluas 120 hektar (Ha) diserahkan oleh Bupati Kendari Andri Jufri, S.H berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati No. 137/1980 tanggal 6 Agustus 1980 kepada Polri Cq. Polda Sulawesi Selatan dan Tenggara (Sulselra).

“Dan itu setelah melalui proses penelitian yang dilakukan oleh Tim 9 dan Tokoh Masyarakat waktu itu, diantaranya H. Surabaya dan kawan-kawan (dkk) dan Camat waktu itu adalah Abdul Samad, BA,” jelasnya kepada awak media.

Tidak berlangsung lama dari  pertemuan itu warga setempat yang melakukan unjuk rasa langsung keluar dari Markas Brimob Polda Sultra.

Dari hasil pantauan awak media, unjuk rasa yang berlangsung di depan Mako Brimob Polda Sultra itu berlangsung secara tertib dan  tidak berlangsung lama. Massa membubarkan diri setelah menyampaikan aspirasinya.

Laporan : Andri

Editor: Sukardi Muhtar

Make Image responsive

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
error: Content is protected !!