Home / Lipsus / Advetorial / Pemda Konawe Terus Genjot Vaksinasi Covid-19, Capaian Sudah 91 Persen
Make Image responsive
Make Image responsive

Pemda Konawe Terus Genjot Vaksinasi Covid-19, Capaian Sudah 91 Persen

Make Image responsiveMake Image responsive

Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Konawe, Ira Ferdinand Sapan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum menerima vaksinasi dosis ketiga (booster).

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tidak diragukan lagi dalam upaya mendorong peningkatan vaksinasi covid-19 di masyarakat.

Melibatkan stakeholder, segala upaya pun telah dilakukan untuk mencapai target vaksinasi hingga 100 persen. Selain membuka pelayanan vaksinasi di Puskesmas, Pemda Konawe bersama Forkopimda juga selalu melakukan kegiatan vaksinasi secara massal di berbagai titik. Bahkan, untuk menarik minat masyarakat, Pemda Konawe terkadang menyediakan Door Prize untuk peserta.

Hadiah yang diberikan pun beragam, seperti kendaraan roda dua (Motor), sapi ternak, hingga hadiah terkecil. Paket sembako pun juga diberikan kepada peserta demi menarik minat masyarakat. Hasilnya pun tidak mengecewakan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe drg. Mawar Taligana saat dikonfirmasi SUARASULTRA.COM pada Sabtu 2 April 2022 mengungkapkan bahwa dari 199.127 target vaksinasi, capaian vaksinasi per tanggal 01 April 2022 sudah mecapai 91.63 persen atau 182.459 orang untuk dosis pertama.

“Kemudian untuk dosis kedua sebanyak 131.757 atau 66.17 persen dan untuk dosis ketiga (Booster) 16.478 atau 8.28 persen,” ungkap Mawar Taligana.

Sementara untuk vaksinasi anak Umur 6–11 tahun, masih kata Kadis Kesehatan Konawe, dari 27680 target vaksinasi sudah ada 18389 atau 66. 43 persen anak yang menerima vaksin dosis satu. Sedangkan dosis kedua mencapai 8.544 atau 30.87 persen.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa memberikan penghargaan kepada Bhabinkamtibmas yang telah berperan membantu pemda Konawe dalam mendorong percepatan vaksinasi di wilayah masing – masing. Pemberian penghargaan ini dilakukan pada Upacara HUT Konawe ke 62, Rabu 2 Maret 2022

Untuk diketahui, di bawah kepemimpinan Kery Saiful Konggoasa, Pemda Konawe menjadikan sektor Kesehatan, Pendidikan,
Pertanian dan Peternakan serta kawasan industri sebagai program utama pembangunan Konawe. Sehingga pelayanan kesehatan/vaksinasi menjadi keniscayaan di daerah lumbung beras Sultra ini.

Bupati Konawe selalu mengimbau pihak Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas dan Rumah Sakit Unaaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien. Ini sebagai bentuk kepedulian Kery Saiful Konggoasa terhadap program kesehatan masyarakat. Bahkan, Bupati Konawe dua periode ini sesekali melakukan inspeksi mendadak (Sidak) guna memastikan pelayanan kesehatan berjalan sesuai harapan publik.

Kaitan dengan program percepatan vaksinasi covid -19, baru-baru ini, Pemda Konawe bersama Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan Dharma Wanita Persatuan berkolaborasi meningkatkan persentase vaksinasi melalui vaksinasi massal.

Dalam meningkatkan persentase vaksinasi di Konawe, Pemda bersama TP PKK dan Dharma Wanita Persatuan menggelar kegiatan vaksinasi berhadiah. Bagi peserta yang telah mendapatkan pelayanan vaksinasi, berhak membawa pulang paket sembako. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman kantor Tim Penggerak PKK, Unaaha.

Vaksinasi dengan sasaran anak usia 12 tahun ke atas hingga lansia tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke 50 tahun 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Ferdinand Sapan, SP, MH, Pejabat Eselon II dan III lingkup Pemda Konawe, para Camat, dan Tim Penggerak PKK Kecamatan.

Ketua TP PKK Konawe, Titin Nurbaya Kery Saiful Saat menyerahkan paket sembako kepada peserta pertama vaksinasi

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Konawe, Titin Nurbaya Saranani mengatakan kegiatan vaksinasi massal ini merupakan bentuk dukungan Tim Penggerak PKK Kabupaten Konawe kepada pemerintah daerah dalam upaya mencegah penularan Covid – 19 dan meningkatkan persentase vaksin.

“Kita ingin masyarakat Konawe secara keseluruhan memiliki kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang virus. Kita juga berharap dengan vaksinasi, Covid-19 sudah tidak ada lagi di daerah kita ini,” kata Istri Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, Senin 28 Maret 2022 lalu.

Menurut Titin sapaan akrab Ketua TP PKK Konawe, untuk pelayanan vaksinasi, pihaknya menyediakan dosis satu, dua dan tiga atau booster. Sehingga, masyarakat yang datang ke Gerai Vaksinasi Covid – 19 tersebut dipastikan mendapatkan pelayanan dari tenaga medis.

“Sasaran kita yaitu anak usia 12 tahun hingga lansia. Semua kita siapkan, semua yang datang kita akan layani. Mau itu dosis satu, dua maupun dosis tiga atau booster,” pungkas Legislator Sultra ini.

Di hari jadi ke 50 tahun ini, Titin berharap Gerakan PKK mampu mempercepat terwujudnya Kesejahteraan Keluarga, dengan melakukan kegiatan berupa pembinaan secara nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mempercepat pelaksanaan 10 Program Pokok PKK yang berkelanjutan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe, Dr. Ferdinand Sapan, AP, MH saat memberikan sambutan di acara Vaksinasi berhadiah. Kegiatan Vaksinasi ini dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke 50 tahun 2022

Sekda Konawe Dr. Ferdinand Sapan dalam sambutannya berharap kepada pengurus PKK Kecamatan agar terus mengajak dan mensosialisasikan kepada warga masyarakat untuk mengikuti vaksinasi sehingga target vaksinasi tiap kecamatan dapat dipenuhi. Kata dia, vaksin itu aman dan halal untuk kesehatan.

“Kepada Tim Vaksinator agar menjalankan tugas dengan baik sesuai standar prosedur,” pungkas Jenderal ASN Konawe ini.

Laporan: Sukardi Muhtar

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
error: Content is protected !!