Home / Sultra / PT Taspen Keluarkan Karip Multifungsi Untuk Pensiunan

PT Taspen Keluarkan Karip Multifungsi Untuk Pensiunan

Ketgam: Kepala PT. Taspen (Persero) Cabang Sultra Herman (Kanan) Saat Berbincang Bincang dengan Ketua PWRI Sultra Drs. H. Yusran A. Silondae, M. Si. FOTO : Adam

SUARASULTRA.COM, KENDARI – Program PT. Taspen (Persero) Cabang Sultra sangat membantu para pensiunan dan Pegawai Ngeri Sipil (PNS), karena Taspen sendiri mengeluarkan Kartu Identitas Penduduk (Karip). Dengan Karip maka pensiunan makin mudah untuk bertransaksi, dan bisa menggunakan semua ATM yang ada. Selain itu Karip juga multifungsi, selain digunakan sebagai identitas, juga sebagai kartu ATM.

 

Kepala PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Kendari Herman menjelaskan, sebelumnya sudah diterbitkan Karip, namun itu hanya digunakan sebagai kartu identitas, namun Karip yang baru ini sudah lebih canggih dan lebih bagus, karena sudah dimasukan aplikasi di smartphone, sehingga para pengguna Karip tidak perlu lagi datang di perbankan untuk tarik uang dan lain sebagainya.

 

“Bisa menggunakan ATM yang terdekat untuk menarik, cek saldo ataupun transfer uang,” jelasnya saat ditemui di ruangannya. Rabu, (15/08).

 

Selain itu Ia menjelaskan, pihaknya juga bekerja sama dengan intansi terkait lainnya, seperti Garuda, sehingga para Pensiunan atau ASN yang memiliki kartu Karip bisa mendapatkan diskon 17 persen jika berangkat menggunakan pesawat Garuda.

 

“Kita sudah MoU, sehingga bagi pensiunan bisa mendapatkan diskon tersebut, dan masih ada juga kerjasama dengan yang lainnya,” ujarnya.

 

Adapun untuk mendapatkan Karip, maka warga harus melengkapi persyaratan, yakni membawa SK pensiunan, dan Kartu Tanda Penduduk, (KTP), karena itu untuk memperbaharui alamat yang bersangkutan, sehingga Karipnya sudah selesai langsung didistribusikan langsung.

 

“Kedepan akan ada himpunan bank negara (Himbara), jadi kerja sama juga dengan Bank link,” paparnya.

 

Di tempat yang sama Ketua PWRI Sultra Drs. H. Yusran A. Silondae, M.Si beharap agar tahun 2019 mendatang Karip sudah akan dibagikan kepada para pensiunan yang di data. Dan Karip ini sudah sangat dibutuhkan para pensiunan, karena dengan begitu memudahkan para pensiun untuk menerima pensiunannya.

 

“Dengan smartphone saja dimana saja berada sudah bisa mencairkan dananya tersebut dengan ATM terdekat,” ucapnya.

 

Kemudian sistim yang digunaka ini sudah canggih, karena ada tiga yang digunakan, yakni direkam, sidik jari dan rekap wajah. Bisa dengan rekap wajah, dan sidik jari maka sudah bisa menarik uang, jika hanya satu misalnya hanya rekap wajah maka tidak bisa menarik uang.

 

“Kami sebagai pensiunan sangat bersyukur, karena dengan cara yang digunakan Taspen ini salah satu bentuk perhatian besar kepada para pensiunan, karena dengan kartu ini sangat memudahkan para pensiunan dalam mencairkan dana pensiunannya sendiri,” jelas anggota DPD RI-MPR RI dapil Sultra itu.

 

Laporan : Adam

 

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top