Kementerian BUMN Salurkan CSR Senilai Rp11,3 miliar di Lombok

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

Suarasultra.com, NTB – Kementerian BUMN menggalang sinergi sejumlah perusahaan milik negara dalam rangka program tanggung jawab sosial perusahaan bagi masyarakat di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dengan total dana yang disalurkan sebesar Rp11,3 miliar.

Kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) oleh BUMN-BUMN tersebut dilaksanakan di sejumlah tempat di kawasan NTB di antaranya Mandalika, Desa Simbalun dan Desa Ende, Sabtu.

“Pemberian CSR ini sejalan dengan visi pengembangan kawasan pariwisata Mandalika, yaitu menciptakan kawasan pariwisata yang mandiri dan berkelanjutan, menyediakan infrastruktur berstandar internasional dan mengembangkan prinsip preservasi dan restorasi ekologis,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno di Lombok,

Menurut Rini, bantuan dana CSR bagi kawasan pariwisata Mandalika di Lombok Tengah karena kawasan ini tengah dikembangkan menjadi salah satu dari 10 Destinasi Wisata Prioritas.

Melalui program “BUMN Hadir Untuk Negeri” yang dilaksanakan di kawasan Mandalika tersebut, seluruh BUMN berkolaborasi dalam membangun berbagai infrastruktur serta program pengabdian masyarakat dari berbagai aspek, mulai dari peningkatan kualitas pendidikan masyarakat.

Selanjutnya, peningkatkan mutu sanitasi, penyediaan infrastruktur berbasis mata pencaharian masyarakat setempat, serta peningkatan akses transportasi di wilayah Mandalika.

Selain pemberian CSR, Kementerian BUMN juga melakukan soft launching portal digital pariwisata bernama Xplorindonesia, program Kementerian BUMN untuk meningkatkan kualitas pariwisata nasional.

Beberapa BUMN pariwisata yang terlibat dalam program Xplorindonesia tersebut adalah Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Patra Jasa dan PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWC), Prambanan, dan Ratu Boko.

Xplorindonesia merupakan platform digital berbasis aplikasi smartphone yang akan menjadi penghubung antara wisatawan dengan produk – produk layanan yang dimiliki BUMN Pariwisata serta pelaku industri pariwisata di Indonesia.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer mengatakan melalui Xplorindonesia tersebut, interaksi antara wisatawan dan para pelaku wisata menjadi semakin mudah dan cepat, sehingga optimalisasi pelayanan pariwisata semakin meningkat.

“Melalui Xplorindonesia, kekuatan integrasi dan sinergi dari BUMN pariwisata dan Kementerian Pariwisata akan semakin terlihat. Platform ini bentuk dukungan BUMN terhadap kampanye Kementerian Pariwisata untuk memperkuat keterlibatan publik dalam promosi industri pariwisata Indonesia. (Ant)

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

x

Check Also

Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan, Ketua DPRD Konawe: Ini Forum Penting Untuk Menyusun RKPD

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Sebagai wadah menampung aspirasi masyarakat, Ketua DPRD Konawe Dr. H. Ardin, ...