Diduga Bermasalah Dengan Ijasah, Berkas Bakal Calon Kades Dikembalikan

Suarasultra.com, Wanggudu – Kepala Dinas DPMD Kabupaten Konawe Utara, Sulkarnain Sinapoy mengatakan saat ini pihaknya telah menerima hasil verifikasi berkas calon Kades dari Panitia Sembilan masing – masing desa.
” Kami sudah menerima berkas dari Panitia sembilan masing-masing desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak.
Dari 40 desa yang akan menggelar pilkades, baru 35 desa yang saat ini siap secara administrasi untuk mengikuti kegiatan pilkades serentak tanggal 28 Februari 2017 ini,” kata mantan kabag pemerintahan ini saat ditemui awak media ini, Kamis (16/02/17).
Dikatakan, ada tiga desa saat ini yang masih dalam peroses perbaikan berkas dan dua desa lainnya masih ditunggu hasil verifikasi dari panitia sembilan.
Ketiga desa yang masih melakukan perbaikan berkas yakni desa Panggulawu Kecamatan Sawa, desa Amolome Kecamatan Andowia dan desa Andedao.
Sedangkan bagi dua desa lainnya yang belum masuk data hasil verifikasinya masih diberi kesempatan hingga tanggal 25 Februari 2017 sebelum memasuki minggu tenang.
Menurutnya, hasil verifikasi berkas  bakal calon dari panitia sembilan desa Panggulawu dianulir kerena salah satu bakal calon memiliki ijasah yang bermasalah.
Sulkarnain menyebut nama salah satu bakal calon tidak sesuai dangan ijasahnya.Dalam ijasah asli tertulis La Egianto namun dirubah menjadi Egianto dengan cara menghapus tulisan La di depan namanya.
” Untuk desa Panggulawu, salah satu calon ijasahnya bermasalah. Ijasahnya dilakukan perubahan nama tanpa ada keterangan dari pihak terkait dalam hal ini tidak ada putusan pengadilan.
Sementara desa Amolame  terkait dengan BPD, dan desa Andedao terkait masalah DPT yang belum final,” jelasnya.(AJM/***)

About redaksi

Leave a Reply

x

Check Also

Danlanud Tinjau Lokasi Kunjungan Presiden di Bendungan Ameroro, Sekda Konawe: Pemda Sudah Melakukan Persiapan

SUARASULTRA.COM | Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Dr. Ferdinand, SP, MH mengatakan Pemerintah Kabupaten Konawe Provinsi ...