Fungsikan Babinkamtibmas, Polsek Sawa Tekan Angka Kriminalitas

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Suarasultra. com, Sawa – Kepolisian Resort Konawe,Sektor Sawa dibawah kepemimpinan Kapolsek, AKP Muh Guntur berhasil menekan angka tindak kriminalitas di tiga kecamatan yang berada di wilayah hukumnya.
Hal ini diungkapkan oleh Kapolsek Sawa, AKP Muh.Guntur, Selasa ( 7/2/2017 ) saat ditemui di ruang kerjanya.
 ” Sejak saya diberikan kepercayaan oleh pimpinan kami di Kepolisian Republik Indonesia sebagai Kapolsek Sawa, bulan Desember 2016 lalu, saya langsung memerintahkan anggota untuk melakukan upaya pendekatan secara persuasif kepada masyarakat utamanya kepada tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama demi untuk menjadikan wilayah hukum kami aman dan kondusif,” ungkap pria tiga balok di pundak ini.
Menurut dia, masyarakat di wilayah hukumnya memang dikenal begitu bersahabat meskipun terkadang ada yang terjadi kesalah pahamanan , akan tetapi itu bisa atasi.
Muh.Guntur menyebut, baru sekitar dua bulan dirinya memimpin Polsek Sawa, tingkat kriminalitas jauh mengalami penurunan.Kata dia, hal itu terwujud karena fungsi dari Babinkamtibmas  difungsikan dengan baik.
” Setiap saat saya perintahkan ke anggota untuk turun ke masyarakat guna memantau dan mengawasi perkembangan dan situasi kamtibmas di wilayahnya masing-masing,” katanya.
Dikatakan, setelah turunnya kendaraan operasional dari Polda Sultra sebanyak dua unit, itu membuat kinerja Polsek Sawa lebih maksimal.
” Jadi tak ada lagi alasan untuk tidak bisa turun ke masyarakat,”  ucapnya.
 Meski demikian AKP Muh. Guntur mengharapkan agar ke depan semua anggota Babinkamtibmas di Polsek Sawa bisa mendapatkan kendaraan operasional.Menurutnya, untuk menunjang operasional anggota masih dibutuhkan lagi 3 unit kendaraan operasional roda dua.
” Saat ini ada lima anggota Babinkamtibmas di Polsek Sawa akan tetapi kendaraan operasionalnya baru dua sehingga yang lain masih menggunakan kendaraan seadanya, sehingga kedepan nantinya kami berharap kiranya bisa mendapatkan penambahan kendaraan operasional untuk anggota kami dilapangan,” harapnya.
Muh Guntur menjelaskan, sejak diberi amanah menjadi Kapolsek Sawa, ia telah  berhasil mengungkap beberapa kasus.
Kasus yang berhasil ia ungkap yaitu kasus pencurian yang terjadi pada bulan Januari 2017 dengan tersangka EJ dan DR asal Kecamatan Kolono Kab. Konawe Selatan.
Kini kedua tersangka dititip di Rutan Punggolaka Kendari,
Sementara untuk proses selanjutnya, pihaknya masih melakukan penyidikan.
Dari kasus ini Polsek Sawa berhasil mengamankan barang bukti berupa TV, DVD, Jam Tangan, dan HP.
Kemudian kasus penganiayaan dan pengeroyokan yang dilakukan oleh lima orang pelaku, pihaknya berhasil mengamankan salah satu pelaku, Yohanis.Sementara empat lainnya masih berstatus buron dan saat ini dalam pengejaran Polisi.
Selama menjadi Kapolsek Sawa, ia berharap ke depan tingkat kejahatan di wilayah hukumnya akan semakin menurun.
Kapolsek menambahkan, salah satu penyebab terjadinya tindak kriminal selama ini di masyarakat adalah miras. Untuk menekan hal tersebut, pihaknya gencar melakukan sosialisasi bahaya miras dan bahaya narkoba melalui rapat di desa maupun penyuluhan langsung di Sekolah SMP dan SMA yang ada di wilayah hukum Polsek Sawa,
Langkah ini diharapkan dapat diaplikasikan dan di praktekkan oleh masyarakat dengan menciptakan daerah ini sebagai daerah yang aman dan kondusif serta bebas miras dan Narkoba, (AJM***)
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

x

Check Also

Penjabat Bupati Konawe Hadiri Undangan Musrenbangnas di Jakarta Convention Center

SUARASULTRA.COM | JAKARTA – Penjabat Bupati Konawe Dr H Harmin Ramba, SE, MM menghadiri Undangan ...

error: Content is protected !!