Pelayanan di Dinas Dukcapil Konut Kembali Normal, Masyarakat Dihimbau Segera Lakukan Perekaman KTP

Make Image responsive
Make Image responsive

 

SUARASULTRA.COM, KONUT – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara, Senin ( 19/6/2017 ) kini kembali berfungsi seperti biasanya yakni melayani masyarakat dalam hal pengurusan administrasi kependudukan setelah enam bulan lumpuh.

Pelayanan di dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Konut mulai berjalan normal pasca dikembalikannya Arif Yadi menjabat kembali sebagai Kadis Dukcapil. Setelah dilantik, Arif Yadi langsung tancap gas dalam hal melayani masyarakat setempat.

“Setelah pelantikan tanggal 16/6/2017 pagi pukul 09:00 Wita, lima jam kemudian tepatnya pukul 14:00 Wita server secara otomatis terbuka,”ucap Arif Yadi.

Langkah awal yang dilakukan setelah aktifnya kembali server itu, Kadis Dukcapil Konut akan menghimbau kepada pegawainya untuk kerja ekstra mengingat pekerjaan selama ini tidak berjalan dengan baik.

“Nanti tanggal 20/6/2017 akan disetor data kependudukan Kabupaten ke pusat,” ujarnya.

Dikatakan, selama ini tidak sinkron pelaporan dari dinas Kabupaten dan tidak sesuai spesimen tanda tangan yang sesuai Surat Keputusan dari Menteri Dalam Negeri, dan pusat mengetahui keberadaan itu.

Menurutnya akibat hal tersebut akhirnya pusat mengambil tindakan untuk menutup server karena dianggap di Kabupaten lagi bermasalah dan pada akhirnya di kembalikan Kadis lama agar server bisa dibuka ulang.

Dengan kesempatan kedua ini, dinas Dukcapil menginformasikan ulang kepada seluruh masyarakat Konawe Utara untuk melakukan perekaman secepatnya, sebelum data pemilih di butuhkan.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat Konawe Utara untuk datang berbondong-bondong melakukan perekaman dan penyempurnaan data Kependudukannya, mengingat data akurat dibutuhkan untuk persiapan Pilgub dan pilpres nanti,” kata Arif Yadi menegaskan.

Setelah dichek peralatan, ada beberapa kamera dan kabel-kabel yang diputus oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan berita yang beredar selama ini tentang blanko yang kosong itu tidak benar, karena ada 4000 blanko yang siap dicetak.

“Berita blanko KTP yang kosong itu sangat tidak benar, karena di dinas sekarang ada empat ribu blanko siap cetak,” kata Arif Yadi menerangkan.

Selain itu, Dinas Dukcapil Konut akan turun sosialisasikan ulang kepada masyarakat dan tahap awal mempublikasikan dan menghimbau kepada operator yang ada di setiap kecamatan untuk kembali beraktivitas sebagaimana mestinya.

 

Laporan : Suhardiman Sawali

Editor : Redaksi

 

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

x

Check Also

FPRB Sultra Berkomitmen Sukseskan Pemilu 2024

SUARASULTRA.COM | KENDARI – Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dikomandoi Yudhianto ...