Demo di DPRD Konawe, Warga Puriala Menuntut Haknya Dikembalikan

SUARASULTRA.COM, UNAAHA – Puluhan Massa yang tergabung dalam Aliansi Keluarga Bersatu Puriala (AKBP) menyambangi DPRD Konawe, Kamis (13/07/2017). Kedatangan masyarakat Kecamatan Puriala ini guna mempertanyakan kinerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kabupaten Konawe dalam hal ini Komisi I terkait dugaan penyerobatan lahan warga setempat.

Massa aksi melalui oratornya, Aljan Indra Prasta menegaskan, yang terjadi adalah kasus penyerobotan lahan bukan masalah persoalan tapal batas. Kata Aljan, penyerobatan itu dilakukan oleh oknum yang menamakan dirinya sebagai ahli waris.

“Kasus ini bukan persoalan tapal batas, tetapi murni penyerobotan tanah warga. Makanya kami minta DPRD bertindak, agar tanah warga bisa dikembalikan,” kata Aljan menegaskan.

Sementara itu orator lainnya, Rusdin menuturkan, warga yang tanahnya diserobot sebenarnya sudah tinggal puluhan tahun di sana. Mereka terdiri atas warga lokal maupun eks transmigrasi. Namun kemudian datang sejumlah oknum yang menamakan diri sebagai ahli waris.

Akan tetapi kata Rusdin, mereka yang melakukan klaim atas tanah tersebut juga tidak mempunyai bukti otentik atas kepemilikan tanah yang diserobotnya.

“Yang mengaku ahli waris ini kan Anakia. Tapi yang melakukan gugatan atas lahan warga tersebut tidak semuanya Anakia,” ujanya.

Rusdin mengungkapkan, penyerobotan yang dilakukan oknum tersebut tidak hanya mengambil lahan warga, tetapi juga lahan-lahan tempat berdirinya gedung publik. Seperti lahan UPTD Dinkes Konawe dan lahan di pusat perkantoran Kecamatan Puriala. Bukti penyerobotan tersebut ditandai dengan patok.

 

Ketua DPRD Konawe, Gusli Topan Sabara bersama Ketua Komisi I, Kadek Rai Sudiani saat menerima aksi unjuk rasa, Kamis (13/7/2017)

“Yang lalu sudah pernah hearing, tetapi sampai saat ini belum ada kejelasan siapa pemilik sah tanah tersebut,” pungkasnya.

Aksi massa ini diterima langsung oleh Ketua DPRD Konawe, Gusli Topan Sabara didampingi Ketua Komisi I, Kadek Ray Sudiani. Ketua DPD PAN ini berjanji akan memediasi masalah tersebut agar warga bisa mendapatkan haknya.

Bahkan usai warga melakukan aksi, Gusli langsung berkoordinasi dengan pihak terkait dan memerintahkan Komisi I DPRD Konawe untuk segera turun lapangan.

 

Laporan : Redaksi

 

 

 

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

x

Check Also

Berbagi Kebahagiaan, Insight IM Berikan Paket Umrah kepada Penerima Manfaat Dompet Dhuafa

JAKARTA – Melebarkan kebermanfaatan lebih untuk masyarakat, PT. Insight Investments Management (Insight IM) memberikan apresiasi ...