Kelola DanDes, Kades Puuwonua Fokus ke Pemberdayaan Masyarakat

SUARASULTRA.COM, KONUT – Desa Puuwonua di tahun 2017 ini mendapatkan bantuan dana dari pemerintah pusat yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ( APBN ) melalui program Dana Desa ( DD ) sebesar Rp 754.048.000-, ( tujuh ratus lima puluh empat juta empat puluh delapan ribu rupiah ).

 

Anggaran Dandes tersebut digunakan oleh Kepala Desa Puuwonua untuk membiayai bidang pemberdayaan masyarakat sebesar 641 juta rupiah. Untuk pemberdayaan masyarakat, pemerintah desa mengeluarkan dana sebesar 550 juta rupiah untuk pengadaan ternak sapi sebanyak 48 ekor.

 

Sementara untuk biaya pelatiahan kelayakan BumDes 9 juta rupiah, pelatihan sistem keuangan desa ( siskeudes ) 10 juta, pelatihan pemerintah desa 18,5 juta, pembuatan profil desa 40 juta, pembayaran insentif bidan 12 juta dan pembuatan data informasi desa 1,5 juta rupiah. Sedangkan sisanya sebesar 112 juta rupiah itu untuk bidang pembangunan desa berupa pengadaan tenda besi.

 

“Semua item kegiatan tersebut itu berdasarkan hasil keputusan rapat dengan masyarakat dan itu ada berita acaranya,” kata kepala desa Puuwonua, Abd Kadir saat ditemua awak media ini, Minggu ( 23/7/2017).

 

Menurut Abd Kadir, warga sebenarnya mengusulkan pengadaan air bersih. Tetapi kata dia, desa Puuwonua masih ada sumber air bersih yang bisa dimanfaatkan maka usulan warga tersebut dibatalkan.

 

Laporan : Suhardiman Sawali

Editor     : Redaksi

 

About redaksi

Leave a Reply

x

Check Also

Diduga Tertekan, Korban Penganiayaan Oleh Anak Pejabat di Sinjai Cabut Laporan

SINJAI – Tindak pidana penganiayaan yang diduga dilakukan oleh putra salah satu pejabat publik di ...