Idul Adha, Stok Hewan Kurban di Konawe Aman

 

SUARASULTRA.COM, UNAAHA – Menjelang hari raya Idul Adha 1438 Hijeriah / 2017 Maseh, hari raya kurban, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Konawe menjamin akan ketersediaan hewan kurban.

 

Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Kabupaten Konawe, Jumrin SPt mengatakan untuk lebaran kurban tahun ini, stok hewan kurban dalam posisi aman. Bahkan kata dia, melebihi dari target yang dibutuhkan yaitu sekitar 400-an ekor setiap tahunnya.

 

“Sapi siap kurban lebih 600 ekor. Sementara untuk Kambing 200-an ekor dan memang untuk kambing itu kita terbatas,” kata Jumrin saat ditemui di ruang kerjanya, Senin ( 28/8/2017).

 

Selain menjamin stok hewan kurban aman, Jumrin  mengatakan untuk kesehatan hewan kurban  juga terjamin. Bahkan pihaknya sudah melakukan antisipasi dari tahun ketahun.

 

“Tahun ini juga saya sudah tanda tangani surat tugas tim untuk pengawasan ternak kurban di lapangan. Untuk hewan kurban kita aman untuk dikonsumsi,” ujarnya.

 

Menurut Kadis Peternakan ini, untuk hewan kurban tidak ada yang masuk. Malahan kata dia Kabupaten Konawe menjadi penyokong daerah lain baik itu hewan kurban maupun untuk bibit.

 

“Kita tidak ada yang masuk, malah keluar ke Kota Madya, Kolaka Timur, Kolaka, Kolaka Utara, Konawe Utara bahkan menyebrang ke Sulawesi Selatan, ” kata Jumrin.

 

Sebelum mengakhiri perbincangan dengan media ini, Jumrin SPt kembali menegaskan bahwa untuk stok ternak potong dan bibit Konawe masih menyuplai daerah lain.

 

Hal ini diketahui karena masih ada permintaan untuk dibuatkan Surat Keterangan pemeriksaan Kesehatan Hewan ( SKKH ). Terkait hal itu, kedepan pihaknya akan membuat aturan untuk mengetahui jumlah hewan ternak Konawe yang keluar.

 

“Kita akan bikin aturannya. Bukan juga kita melarang tapi supaya bisa kita hitung berapa yang keluar hewan ternak potong dengan bibit,” tegas Jumrin.

 

Laporan : Redaksi

 

 

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

x

Check Also

Gubernur Sultra Lepas Ekspor Perdana Komoditas Biji Pinang

SUARASULTRA.COM | KENDARI – Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Irjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto ...