Golkar Pastikan Bersama PBB di Pilkada Konawe, Ini Pasangan Calon Yang Akan Diusung

SUARASULTRA.COM, UNAAHA – Arah koalisi partai Golkar di pilkada Konawe kini sudah mulai mengerucut. Hal ini diungkapkan oleh ketua harian DPD II Golkar Kabupaten Konawe, Hasbuan, SE.

 

“Golkar bersama PBB akan mengusung pasangan calon di pilkada Konawe nanti,” kata Hasbuan kepada media ini, Senin ( 4/9/2017).

 

Menurut ketua penjaringan bakal calon ini, kepastian koalisi kedua partai ini berdasarkan hasil pertemuan petinggi kedua partai politik di salah satu tempat di Kendari.

 

“Ketua DPW PBB ( Ruksamin ) dan Ketua DPD I Golkar ( Ridwan Bae ) sama-sama bersepakat untuk bersama di pilkada Konawe kedepan,”ujarnya.

 

Baik Golkar maupun PBB sudah memutuskan memilih calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung oleh kedua partai koalisi ini. Kata dia, tentunya yang akan diusung adalah pasangan calon yang mendaftar di Golkar pasa pada saat proses pendaftaran dibuka.

 

“Untuk calon Bupati Konawe pak Rahmatullah. Sementara yang mendaftar sebagai wakil di Golkar adalah H.Alaudin,” ucapnya.

Ketua Harian DPD II Golkar yang sekaligus sebagai ketua tim penjaringan partai Golkar, Hasbuan, SE

 

Namun demikian, untuk calon wakil dirinya tidak bisa berkomentar lebih jauh. Karena kata dia, PBB tentu punya pertimbangan tersendiri terkait siapa yang akan mendampingi Rahmatullah nantinya.

 

“Itu internal PBB, kita tidak akan masuk ke sana biar PBB yang menentukan. Yang jelas Golkar dan PBB di tingkat Kabupaten dan Provinsi sudah bersepakat mengusulkan Rahmatullah ke DPP partai masing-masing untuk direkomendasikan sebagai calon Bupati Konawe periode 2018-2023, “kata Hasbuan di ujung telpon selulernya.

 

Koalisi kedua parpol ini ( Golkar-PBB ) sudah memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe periode 2018-2023. Golkar memiliki tiga kursi dan PBB empat kursi di DPRD Konawe. Sementara syarat untuk mengusung pasangan calon di Konawe itu minimil enam kursi di DPRD Konawe.

 

Sementara ketua DPC PBB Kabupaten Konawe yang juga salah satu calon yang disebut bakal mendampingi Rahmatullah,  H. Alaudin belum dapat dikonfirmasi. Beberapa  kali media ini mencoba menghubungi yang bersangkutan melalui via telpon selulernya namun  belum tersambung.

 

Untuk diketahui, saat ini sudah ada tiga pasangan calon yang dipastikan akan menjadi kontestan pada pilkada Konawe pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang. Mereka adalah pasangan H.Litanto-Hj.Murni Tombili, Kery Saiful Konggoasa-Gusli Topan Sabara Rahmatullah – H.Alaudin.

 

Informasi yang dihimpun media ini dari berbagai sumber menyebutkan bahwa pasangan Litanto-Murni bakal diusung oleh PDIP-Demokrat ( 6 kursi ), KSK-GTS diusung oleh PAN-NasDem ( 9 kursi ) dan Rahmatullah – Alaudin diusung Golkar-PBB (7 kursi ).

Sementara yang belum mengusung pasangan calon yakni Gerindra ( 3 kursi ), PKS ( 3 kursi ) dan PKB ( 2 kursi ).

 

Berdasarkan hal ini, Pilkada Konawe dapat diprediksi bakal diikuti oleh lima pasangan calon,  empat calon yang diusung oleh partai politik dan satu calon lagi dari jalur perseorangan dalam hal ini Muliati Saiman.

 

Laporan : Redaksi

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

x

Check Also

Danlanud Tinjau Lokasi Kunjungan Presiden di Bendungan Ameroro, Sekda Konawe: Pemda Sudah Melakukan Persiapan

SUARASULTRA.COM | Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Dr. Ferdinand, SP, MH mengatakan Pemerintah Kabupaten Konawe Provinsi ...