Hari Apoteker Sedunia, Sekda dan Ketua DPRD Pimpin Jalan Sehat dan Senam Jantung Sehat di Konawe

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

 

SUARASULTRA.COM, UNAAHA- Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, H.Ridwan Lamaroa bersama Ketua DPRD Konawe, Gusli Topan Sabara, memimpin jalan santai dan senam jantung sehat, Jum’at (6/10/2017).

 

Kegiatan ini digelar oleh Ikatan Apoteker Indonesia ( IAI ) Kabuapten Konawe dalam rangka memperingati hari Apoteker Sedunia. Dalam perayaan hari Apoteker sedunia ini, AIA Konawe mengusung Tema “World Pharmacists Day 25 September Hari Apoteker Seduania”.

 

Jalan santai dan senam jantung sehat ini, diikuti ratusan peserta yang terdiri dari kalangan masyarakat Konawe dan dari kalangan Pelajar serta Instansi Lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe.

 

Sebelum memimpin jalan sehan dan senam jantung sehat, Sekda Konawe, Ridwan Lamaroa mengatakan, di hari Apoteker Sedunia tingkat Kabupaten Konawe yang di Gelar IAI, diharapkan agar para Apoteker bisa bekerja secara profesional dan memerangi penyebaran obat ilegal di Kabupaten Konawe.

 

“Atas nama pemerintah Kabupaten Konawe, menghimbau agar para apoteker bisa memberantas peredaran obat ilegal. Kemudian juga sebagai profesional di bidang obat obatan untuk tidak melayani penggunaan obat kepada masyarakat tanpa melalui resep dari dokter,” katanya.

 

Menuru Ridwan, penggunaan obat tanpa resep dokter tersebut dapat membahayakan nyawa seseorang karena penggunaan obat yang tidak tepat sasara dan berlebihan. Terlebih lagi kata mantan Kadis PK ini jika penyebaran obat terlarang hingga sampai di qmasyarakat dengan bebas tanpa anjuran dokter.

 

“Jangan obat terlarang itu sudah disembunyi, tapi toh juga masih beredar. Jika masih ditemukan penjualan obat terlarang tanpa disertai dengan aturan maka siap-siap para apoteker berurusan dengan aparat hukum,” ujar Ridwan Lamaroa.

 

Sementara itu, Ketua IAI Konawe, Drs H Muh Asri Demara mengatakan kegiatan jalan santai dan senam jantung sehat tersebut digelar itu untuk bagaimana IAI Konawe bisa mengkampanyekan bahaya mengkonsumsi obat ilegal.

 

“Maksud dari pada obat ilegal itu, yang penggunaannya tanpa petunjuk dari dokter,” jelasnya.

 

Asri Demara juga menambahkan, selaku ketua IAI Konawe sudah menghimpun para apoteker untuk tidak melayani adanya transaksi obat kepada masyarakat tanpa disertai resep resmi dari dokter yang menangani pasien tersebut.

 

“Jadi kami para apoteker sudah berkomitmen untuk memberantas dan perangi obat ilegal,” ujarnya.

 

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, juga dilakukan Penandatanganan Komitmen bersama Pemberantasan illegal drug, mencegah penyalahgunaan obat.

 

Penandatanganan Komitmen ini diawali oleh Ketua Ketua DPRD Konawe, Gusli Topan Sabara, Sekda Konawe, Ridwan Lamaroa , Polres Konawe, Ketua PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia), Ketua Yayasan Jantung Sehat. Kemudian, Para Kepala Sekolah SMP dan SMA serta MTS se Kabupaten Konawe, Kepala BNN serta Para Kepala Dinas Lingkup Konawe.

 

Penandatanggan komitmen bersama ini bertujuan untuk menyikapi maraknya peredaran obat illegal dan penyalahgunaan obat di kalangan anak-anak dan remaja dan bahkan telah menelan korban jiwa dan menjadi suatu kejadian luar biasa (KLB) di Kota Kendari Sulawesi Tenggara baru-baru ini.

 

 

Laporan : Redaksi

 

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

x

Check Also

Sukseskan Perayaan HUT Ke-64, Pemda Konawe Siapkan Anggaran 3 Miliar

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Dalam rangka menyukseskan perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-64, Pemerintah Daerah ...