Bupati Konut Resmikan Embung Perdesaan 

Ketgam : Bupati Konawe Utara, Dr H. Ruksamin sedang membuka pintu air pada peresmian embung di desa Matanggonawe Kecamatan Sawa, Senin ( 29/1/2018 ). FOTO : ARAS MOITA

SUARASULTRA.COM , KONUT – Program percepatan pembangunan pada sektor pertanian di Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) semakin digenjot oleh Pemerintah Daerah sejak tahun 2017 lalu .

 

Mulai dari pembinaan kepada kelompok tani, sampai pada peningkatan infrastruktur dan sarana prasarana pertanian lainnya.

 

Bupati Konut DR.H.Ruksamin saat meresmikan embung desa Matanggonawe Kecamatan Sawa mengatakan tahun 2017 lalu, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Teringgal dan Transmigrasi (KDPDT) telah memberikan bantuan kepada masyarakat petani di daerah ini dengan anggaran bervariasi.

 

“Pada tahun lalu, Kementerian DPDT telah memberikan bantuan anggaran pembangunan kepada masyarakat kita. Dan kegiatan tersebut kami sudah laporkan kepada Pemerintah Pusat sehingga kami turun resmikan atas amanah dari bapak Menteri Desa , Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia,” kata Ruksamin dihadapan Camat dan para Kades se-Kecamatan Sawa, Senin (29/01/2018).

 

Dalam kesempatan tersebut, ketua DPW Partai Bulan Bintang Provinsi Sulawesi Tenggara itu berharap agar penyuluh pertanian di daerah setempat dapat mendorong masyarakat petani untuk mengolah lahannya.

 

Turut hadir pada acara peresmian embung desa Matanggonawe itu Wabup Konut, Raup SAg dan beberapa unsur SKPD, Muspika, Pendamping Desa,

Kades se- Kecamatan Sawa serta warga petani.

 

Di tempat yang sama, Kades Matanggonawe Limpo menjelaskan, Embung yang baru saja diresmikan Bupati tersebut dapat melayani persawahan petani sebanyak 40 hektar. Sementara pembangunan embung itu sendiri kata Limpo dimulai pada akhir tahun lalu dengan anggaran 300 juta rupiah.

 

“Pelaksanan pembangunan embung ini, kita berdayakan petani dan dikerjakan oleh beberapa petani yang berada di wilayah ini,” kata Limpo kepada Suarasultra.com.

 

Sedangkan Biduan selaku P3MD menyebut bahwa embung ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Apalagi dengan adanya embung ini tambah Biduan, lahan masyarakat sudah bisa dapat pasokan air karena selama ini masih kekeringan.

 

“Tahun ini kami koordinasikan ke Distan Konut untuk memberikan bantuan program cetak sawah di desa Matanggonawe seluas 20 hektar,” kata Biduan.

 

Sebelumnya, pagi tadi, Senin ( 29/1/2018 ), Bupati Konawe Utara, Ruksamin juga meresmin Embung ( penampungan air ) di desa Laramo Kecamatan Lembo.

 

Laporan : Aras.M

 

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

x

Check Also

Berbagi Kebahagiaan, Insight IM Berikan Paket Umrah kepada Penerima Manfaat Dompet Dhuafa

JAKARTA – Melebarkan kebermanfaatan lebih untuk masyarakat, PT. Insight Investments Management (Insight IM) memberikan apresiasi ...