Dandim 1413 Buton Resmi Berganti

Ketgam : Danrem 143/HO, Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, S.IP saat melantik secara resmi Letkol Inf Davy Darma Putra sebagai Dandim 1413/Buton yang sebelumnya dijabat oleh Letkol Czi Sryanto, M.I.R,MA. FOTO : REMON

SUARASULTRA.COM, KENDARI – Dandim 1413/Buton resmi berganti. Pergantian pimpinan ditandai dengan Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang digelar di Gedung Utama Tamalaki Makorem 143/Halu Oleo, Selasa (30/1/2018).

 

Danrem 143/HO, Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, SIP, melantik secara resmi Letkol Inf Davy Darma Putra sebagai Dandim 1413/Buton yang sebelumnya dijabat oleh Letkol Czi Sryanto, M.I.R, MA.

 

Danrem 143/HO, Kolonel Arm Dedi Nurhadiman S.I.P dalam amanatnya mengatakan, organisasi institusi TNI Angkatan Darat, telah disusun dengan cermat dan komprehensif, sehingga pada setiap strata jabatan diatur dengan jelas menyangkut tugas dan tanggung jawab guna merealisasikan tugas pokok sesuai jabatan masing-masing.

 

“Dengan demikian pergantian pejabat merupakan bagian dari sistem pembinaan organisasi, yang disesuaikan dengan dinamika tuntutan dan tantangan tugas,” ucap Danrem 143/HO.

 

Kata Dedi Nurhadiman, alih tugas dan jabatan di lingkungan TNI Angkatan Darat adalah hal yang biasa, karena merupakan bagian dari proses pembinaan organisasi sekaligus merupakan kaderisasi, guna kesinambungan kepemimpinan dalam organisasi TNI Angkatan Darat.

 

“Pergantian pejabat merupakan bagian dari proses untuk mendinamisasi organisasi, sesuai dengan tuntutan dan tantangan tugas yang akan dihadapi,” terangnya.

 

Selain itu, perlu dipahami, jabatan Dandim merupakan jabatan yang cukup strategis di jajaran TNI-AD karena satuan Kodim memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan, menyelenggarakan pembinaan Teritorial untuk menyiapkan wilayah pertahanan didarat dan menjaga keamanan wilayahnya dalam rangka mendukung tugas pokok Korem.

 

“Kodim dalam menjalankan tugas fungsi utamanya, selain melaksanakan tugas pertempuran juga melaksanakan tugas pembinaan teritorial di wilayahnya,” bebernya.

 

Masih kata Dedi Nurhadiman, dalam melaksanakan tugas pertempuran. Kodim memiliki tugas menyusun dan menyiapkan ruang untuk digunakan dalam penyelenggaraan pertempuran di darat baik dalam rangka Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), mewujudkan daya tempur kesatuannya yang mampu mendukung tugas pokok Korem serta mewujudkan kesiapan kekuatan pendukung dan tersedianya komponen cadangan serta Pendukung dalam rangka penyelenggaraan OMP dan OMSP.

 

“Kodim juga memiliki fungsi Pembinaan teritorial yang harus dilaksanakan, yaitu pemberdayaan potensi wilayah untuk diolah menjadi suatu kekuatan kewilayahan. Guna mendukung kepentingan pertahanan yang dilaksanakan secara terencana, terpadu dan berkesinambungan bersama aparatur di wilayah setempat,” katanya.

 

Untuk diketahui, Kodim 1413/Buton memiliki 16 Koramil yang tersebar di 6 wilayah yakni Kota Baubau, Kabupaten Buton, Wakatobi, Bombana, Buton Tengah dan Buton Selatan, tentunya memiliki karakter yang khas. Secara geografis maupun sosial budaya.

 

Laporan : Remon

 

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

x

Check Also

Maju Bersama PDI Perjuangan, Trinop Tijasari: Pengabdianku Untuk Masyarakat Kota Kendari

Hj. Trinop Tijasari, SH SUARASULTRA.COM | KENDARI – Masa kampanye Pemilu Presiden /Wakil Presiden dan ...