Jelang Tahapan Kampanye, KPU Sultra Gelar Sosialisasi

Ketgam: Komisioner KPU Almunardin Saat Membuka Sosialisasi, (Kiri) beserta Komisioner lainnya, dan Kasubag Humas KPU Sultra Agusdar Safiuddin, (Kanan). FOTO :Adam

SUARASULTRA.COM, KENDARI – Jelang pemilihan Umum, (Pemilu) Komisi Pemilihan Umum, (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara, (Sultra) menggelar sosialisasi tahapan tahapan kampanye. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu hotel, di kota Kendari.

 

Diketahui, tanggal 23 September sampai 13 April mendatang peserta Pemilu akan melaksanakan kampanye. Namun sebelumnya, KPU Sultra sudah menetapkan Daftar Calon Sementara, (DCS) dan tanggal 20 mendatang KPU juga akan menetapkan Daftar Calon Tetap, (DCT) peserta Pemilu.

 

Komisioner KPU Sultra Almunardin mengatakan, bahwa sosialisasi yang dilaksanakan ini sangat penting, karena hal ini untuk dapat mengetahui batasan batasan atau rambu rambu dalam melaksanakan kampanye.

 

“Itu salah satu manfaat mengikuti sosialisasi ini, dan harus diketahui oleh peserta pemilu,” jelasnya saat membuka acara sosialisasi. Selasa, (18/09).

 

Peserta tidak hanya mampu melaksanakan kampanye, akan tetapi harus mampu mengikuti seluruh peraturan perundang undangan yang diatur dalam pelaksanaan Pemilu, sehingga mampu menciptakan kondisi yang nyaman dan kondusif dalam menjalankan kampanye.

 

“Pasti semua calon akan mempengaruhi atau meyakinkan pemilih agar memilihnya,” tambah mantan Anggota KPU Muna Barat itu.

 

Adapun tujuan dari sosialisasi yang digelar masih kata Almunardin, adalah peserta Pemilu dapat mengetahui sejak awal, apa saja yang melanggar, ketika melksanakan kampanye, dan prinsip prinsipnya.

 

“Kita harus dapat memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat, sehingga akan tercipta suasana nyaman dan damai,” urainya.

 

Ia berharap, agar setiap peserta pemilu dapat mematuhi aturan yang berlaku dalam Pemilu, agar tidak berhadapan dengan hukum.

 

“Kalau melanggar, jelas akan ada sanksinya yang diberikan,” urainya.

 

Untuk diketahui, ada beberapa prinsip dalam melaksanakan kampanye yakni, jujur, terbuka, dan dialogis.

 

Laporan : Adam

 

About redaksi

Leave a Reply

x

Check Also

Danlanud Tinjau Lokasi Kunjungan Presiden di Bendungan Ameroro, Sekda Konawe: Pemda Sudah Melakukan Persiapan

SUARASULTRA.COM | Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Dr. Ferdinand, SP, MH mengatakan Pemerintah Kabupaten Konawe Provinsi ...