Warga Lapulu Kembangkan Ayam Arab

Ketgam : Jamal petani ternak desa Lapulu sedang memberikan pakan kepada ternak ayam miliknya.

SUARASULTRA.COM, KONUT  – Kelompok ternak Medulu Desa  Lapulu kecamatan Lembo Kabupaten Konawe Utara  (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara  (Sultra), saat ini mulai kembangkan ternak ayam Arab.

 

Kelompok ternak yang beranggotakan  15 orang  awalnya memulai pengembangan ternak ayam secara individu dan kemudian meningkat menjadi satu wadah kelompok ternak.

 

Ketua kelompok ternak Medulu, Jamal saat ditemui SuaraSultra.Com pada Rabu  (12/12/2018) menjelaskan bahwa pada awalnya pihaknya mencoba pelihara ayam yang diberikan pewarna sebanyak 5 ekor.

 

Setelah tumbuh berkembang,  kini kelompok Medulu sudah memiliki kurang lebih ribuan ekor sudah termasuk bantuan dari Pemda Konawe Utara sebanyak 500 ekor ayam Arab.

 

Melihat ada prospek pasar dan akhirnya kita  coba pelihara bibit ternak ayam potong.

 

“Secara individu, kami pelihara bibit ayam potong ini, saat ini kami sudah bentuk satu kelompok sehingga teman-teman warga lain juga ikut mengembangkan budidaya ternak ayam potong dan ayam Arab,” ujarnya.

 

Ketgam : Salah kandang bibit ayam Arab milik kelompok ternak Medulu.

Dikatakan, dari modal seadanya kita bisa menciptakan usaha mandiri. Kebetulan ada program pemerintah daerah Konut pada sektor peternakan jadi kita juga mewujudkan  program tersebut walau masih skala kecil.

 

Soal pencegahan  penyakit, pihak terkait telah memberikan pembinaan dan pemberian vaksin hewan ternak unggas.

 

” Setidaknya dari hasil panen, kami bisa konsumsi untuk memenuhi kebutuhan keluarga bahkan sudah bisa kami menjual,” kata mantan aktivis sosial tersebut.

 

Di tempat yang sama, Ramli warga dusun III desa Lapulu mengatakan melalui program ini, dirinya bisa belajar budidaya unggas.

 

” Setidaknya sudah ada hasil tambahan untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari,” pungkasnya.

 

Laporan : Aras Moita

About redaksi

Leave a Reply

x

Check Also

Diduga Tertekan, Korban Penganiayaan Oleh Anak Pejabat di Sinjai Cabut Laporan

SINJAI – Tindak pidana penganiayaan yang diduga dilakukan oleh putra salah satu pejabat publik di ...