Polres Konawe Siap Amankan Natal dan Tahun Baru, 550 Personil Disiagakan

Ketgam : Kapolres Konawe, AKBP Muh Nur Akbar, SH, S.IK, MH saat memberi keterangan Pers

SUARASULTRA.COM, KONAWE – Dalam rangka mengamankan perayaan  Natal 2018 dan Tahun baru 2019, Kepolisian Resort (Polres) Konawe siagakan 550 personil.

 

Diketahui bahwa dalam melakukan pengamanan tersebut, Polres Konawe menempatkan personilnya di dua Kabupaten, Konawe dan Konawe Utara ( Konut ).

 

Kapolres Konawe, AKBP Muh Nur Akbar mengatakan, dalam melaksanakan pengamanan tersebut, pihaknya didukung oleh  jajaran Perwira Penghubung ( Pabung ) Kodim 1417 Kendari.

 

“Untuk Polres Konawe sendiri, karena kita melakukan pengamanan di dua Kabupaten kita sudah persiapkan, intinyavseluruh personil kita siagakan. Namun, di dalam pelaksanaan operasi kita melibatkan 150 personil secara langsung,” kata Kapolres Konawe kepada media usai menggelar Coffee Morning bersama Forkorpimda dan Forum Koordinasi Antar Umat Beragama (FKUB ).

 

“Namun secara tidak langsung, 550 personil kitavsiap untuk mengamankan pelaksanaan Operasi Lilin dan Tahun Baru. Termasuk didukung dari teman – teman kita dari TNI yang ada di Konawe dan Konawe Utara yabg jumlahnya kurang lebih 100 personil,” lanjut AKBP Muh Nur Akbar.

 

Menurut Akbar sapaan akrab Kapolres Konawe itu, selain bersama TNI, pihaknya juga bersinergi dengan Forum Koordinasi Antar Umat Beragama (FKUB) untuk menjaga situasi saat pelaksanaan ibadah, sehingga umat yang merayakan dapat beribadah dengan nyaman.

 

“Juga kita menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga suasana Natal dan Tahun Baru sehingga kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik,” katanya.

 

Kapolres Konawe menyebut pihaknya telah mengidentifikasi titik rawan berdasarkan pemantauan dan analisa di lapangan.

 

Kata Perwira Menengah Polri dengan pangkat dua melati di pundak itu, pihaknya fokus ke perlintasan. Khususnya transportasi yang menghubungkan antar Kabupaten.

 

“Kita anggap rawan karena cuaca saat ini juga sangat ekstrem di musim hujan. Sehingga banyak jalan – jalan kita sebenarnya belum memadai, belum siap. Bahkan masih ada jalan yang rusak, ini rawan dan harus diantisipasi,” tuturnya.

 

Selain itu, Polres Konawe juga fokus terhadap pengamanan di rumah – rumah ibadah. Walaupun kategorinya aman namun Polres Konawe tetap waspada demi kenyamanan warga yang tengah menjalankan ibadah.

 

Sehingga personil Polres Konawe sudah ditempatkan di gereja -gereja yang akan dipergunakan oleh umat untuk menjalankan ibadah sesuai dengan permintaan.

 

“Kita tetap waspada terhadap kelompok kelompok yaa, yang saat ini kita waspadai khususnya terorisme,” kata Akbar.

 

Laporan : Redaksi
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

x

Check Also

Maju Bersama PDI Perjuangan, Trinop Tijasari: Pengabdianku Untuk Masyarakat Kota Kendari

Hj. Trinop Tijasari, SH SUARASULTRA.COM | KENDARI – Masa kampanye Pemilu Presiden /Wakil Presiden dan ...