Pelaku Curanmor di Bawah Umur, Diancam Tujuh Tahun Penajara

Ketgam : Tersangka R (kiri) saat digelandang polisi

SUARASULTRA.COM, KENDARI – Pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di Kota Kendari berhasil dibekuk tim Buser Reskrim Polres Kendari.

 

Pelaku tersebut, masih di bawah umur  berinsial R (16) warga Kecamatan Poasia, Kendari, remaja ini sering beraksi di kos-kosan.

 

Plh Kapolres Kendari, AKBP Anuardi mengatakan, penangkapan itu berawal dari balapan liar di Kota Kendari, Sabtu (22/12/2018) lalu. Saat polisi melakukan razia ada salah satu motor metic ditinggalkan pemiliknya.

 

“Setelah motor itu dicek oleh polisi, motor tersebut merupakan motor curian dan langsung diamankan di Mako Polres Kendari,” ungkap Anuardi, dalam press releasenya di Polres Kendari, Kamis 31 Januari 2019.

 

Berdasarkan razia balapan liar itu, anggota langsung melakukan pengembangan. Dari hasil pengembangan itu polisi berhasil mengamankan R di bilangan Poasia beserta barang bukti satu unit motor metik mereka yang sama.

 

“Jadi dari tangan remaja tersebut, kami mengamankan dua unit motor hasil curiannya,” bebernya.

 

Modusnya, kata Anuardi, setiap pelaku beraksi berkeliling ke rumah kos-kosan, mencari motor motor yang menjadi incarannya. Kalau motor sudah menjadi targetnya pelaku langsung mengrusaki kabel kunci kontak motor tersebut.

 

“Dia (pelaku red) memotong kabel kontak motor, lalu menyambung kabel agar motor itu bisa dinyalakan. Setalah motor itu berbunyi pelaku langsung membawa kabur motor itu,” imbuhnya.

 

Ata perbuatannya, pelaku disangkakan pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara.

 

Laporan : Mon

About redaksi

Leave a Reply

x

Check Also

Danlanud Tinjau Lokasi Kunjungan Presiden di Bendungan Ameroro, Sekda Konawe: Pemda Sudah Melakukan Persiapan

SUARASULTRA.COM | Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Dr. Ferdinand, SP, MH mengatakan Pemerintah Kabupaten Konawe Provinsi ...