Desa Tongalino Wujudkan Program Konasara Dengan Kerja

Ketgam : Tampak Bhabinkatibmas Bripda Mukti dan warga Tongalino sedang melakukan pembenahan lingkungan Sekolah PAUD.

SUARASULTRA.COM, KONUT – Dalam rangka mewujudkan Program Konasara, desa Tongalino Kecamatan Lembo Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus bekerja membangun desa.

 

Mulai dari penyediaan sarana-prasarana pemerintahan sampai pada pelayanan dan pemberdayaan masyarakat berjumlah 84 KK semakin digenjot sejak tahun 2014 sampai saat ini.

 

Kepala Desa Tongalino Jamil Buduha yang ditemui saat melaksanakan proses pekerjaan pembangunan kantor PKK di wilayahnya mengatakan jika program Konawe Utara Sejahtera dan Beradab (Konasara) harus diwujudkan dengan kerja nyata.

 

“Kita membangun desa, sangat dibutuhkan niat yang tulus dan kerja nyata. Dengan keterbatasan yang kita miliki, saya bersama warga berkomitmen membangun desa secara berkelanjutan,” katanya, Selasa (9/4/2019).

 

Menurutnya, mulai pelaksanaan pemerintahan, infrastruktur desa dan pemberdayaan serta pembinaan kemasyarakatan itu sudah menjadi tugas wajib untuk laksanakan.

 

Ketgam : Kades Tongalino bersama Bhabinkantibmas sedang bekerjasama membangun Kantor PKK Tongalino

“Pelaksanaan kegiatan pembangunan desa Tongalino, tidak luput dari kerjasama seluruh elemen tak terkecuali dari pihak TNI dan Polri seperti Babinsa dan Bhabinkantibmas. Lembaga di desa juga bekerja sesuai fungsinya, sehingga saat ini dan nanti kita bisa mencapai tujuan program Konasara,” kata Jamil Buduha.

 

Salah satu warga Tongalino, Oceng saat ditemui di tengah kesibukannya membuat lukisan dinding Sekolah PAUD mengatakan bahwa warga di desa setempat bangga dan senang memiliki pemimpin yang tanggap dan bersahabat.

 

Sebelum melakukan perencanaan  pekerjaan, Kades, perangkat desa dan masyarakat setempat selalu mengedepankan hasil musyawarah desa.

 

“Kepala Desa sangat bersahabat dan tidak memihak. Beliau rela berkorban apa saja, baik tenaga atau materi demi untuk membangun desa dan mewujudkan program pemerintah daerah,” ujarnya.

 

Diketahui, Pembangunan infrastruktur Desa Tongalino tersebut telah berjalan, Diantaranya, Pembukaan JUT (Jalan Usaha Tani ) 900 meter, pembangunan Gedung PAUD, Pembangunan Kantor pemerintahan dan lembaga desa , sarana ibadah, sarana olahraga dan penyediaan sarana air bersih untuk masyarakat.

 

Transparansi dan musyawarah mufakat menjadi landasan utama Pemerintah dan warga Desa Tongalino di dalam pelaksanaan Program Konasara.

 

Babhinkabtibmas Polsek Sawa, Bripda Mukti mengungkapkan giat membangun desa oleh pemerintah desa dan warga Tongalino sangat signifikan perubahannya.

 

“Dari keamanan dan ketertiban warga semakin baik, gotong-royong dan kerjasama antar lembaga di desa kian harmonis,” ungkapnya.

 

Laporan : Aras Moita

About redaksi

Leave a Reply

x

Check Also

Diduga Tertekan, Korban Penganiayaan Oleh Anak Pejabat di Sinjai Cabut Laporan

SINJAI – Tindak pidana penganiayaan yang diduga dilakukan oleh putra salah satu pejabat publik di ...