Taman Loka Mandiri Puasana, Jadi Obyek Wisata Alternatif di Konawe

Ketgam : Obyek Wisata Kolam Renang Taman Loka Mandiri

SUARASULTRA.COM, KONAWE – Obyek wisata Taman Loka Mandiri di Desa Puasana Kecamatan Amonggedo Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini menjadi obyek wisata alternatif bagi masyarakat Kabupaten penghasilan beras terbesar di Bumi Anoa ini.

 

Diketahui, obyek wisata  ini dibuat dan dirancang oleh beberapa ahli penata kolam renang dan background yang profesional pada tahun 2018 lalu, sehingga pengunjung dapat memanjakan mata dalam menikmati pemandangan alam di dalamnya.

 

Selain keindahannya, kolam renang di taman Loka Mandiri  dapat dinikmati oleh semua usia mulai anak – anak sampai orang dewasa.

 

Pengelola sekaligus pemilik Obyek Wisata Loka Mandiri, I Ketut Loka menjelaskan ide awal muncul saat dirinya memulai usaha ternak ayam  petelur. Dalam usaha tersebut,  I Ketut Loka mengaku gagal menjalankan usahanya di pertengahan jalan akibat biaya pakan yang susah diperoleh.

 

“Sisa modal yang tersisa sekitar satu juta rupiah saya jadikan modal awal membuat kolam renang mini yang bertujuan untuk melahirkan kecintaan keluarga kami terhadap air,” ujar pria kelahiran Gianyar Bali tersebut,  saat ditemui awak media ini Jumat (07/06/2019).

 

Ketgam : Pemilik Taman Loka Mandiri desa Puasana , I Ketut Loka

Dikatakan, setelah berjalan beberapa waktu, dirinya kemudian menggadaikan sebuah mobil pick up ke salah satu perusahaan pembiayaan untuk dijadikan tambahan modal.

 

Menurut I Ketut Loka, saat ini dirinya juga sedang membangun gedung sarana ibadah toleransi. Semua pengunjung bisa menjalankan ibadah di tempat yang sama.

 

Lebih lanjut kata dia, saat ini pihaknya menyediakan Mushollah dan tempat wudhu dengan harapan di tempat tersebut semua pengunjung bersaudara dan bersatu.

 

“Dengan anggaran  Rp. 150 juta, saya bisa membuat tempat ini lebih besar dengan dibantu keluarga dan teman menjadi sebagai pekerja. Dengan usaha ini anak saya lima orang bisa kuliah dan sekolah serta cicilan kendaraan bisa teratasi setiap jatuh tempo pembayaran,” ungkap I Ketut Loka.

 

Salah satu pengunjung, Yusman Honggo saat berbincang dengan Suara Sultra mengatakan bahwa dirinya sudah berkunjung hampir ke seluruh obyek wisata alam di daerah lokal Sulawesi Tenggara.

 

Ketgam : Aras Moita Wartawan Suarasultra.Com (kiri) saat bertemu salah seorang pengunjung Yusman Honggo asal Kelurahan Meluhu

Namun keindahan obyek wisata renang di tempat tersebut (Loka Mandiri-red) bisa bersaing dan menjadi salah satu wisata alternatif mengingat kondisi cuaca ekstrim di daerah Sultra.

 

“Selain keindahannya, obyek wisata di sini (Loka Mandiri) aman untuk saya dan keluarga serta pengunjung lainnya karena bisa juga digunakan oleh semua kalangan masyarakat terutama anak – anak,” ucap warga asal kelurahan Meluhu itu.

 

Sementara itu salah satu anggota keamanan Ayala desa Puasana, Dewa menjelaskan bahwa setiap hari raya besar dan liburan, tempat ini selalu ramai pengunjung bahkan banyak dari luar daerah yang datang,  seperti pengunjung dari Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

 

“Mulai keamanan kendaraan, sampai pada keamanan barang bawaan pengunjung senantiasa kami jaga dan sampai saat ini semua berjalan damai dan kondusif,” ujar pria asal Gianyar Bali tersebut.

 

Dari pantauan media ini, obyek wisata Loka Mandiri tersebut terletak di tengah wilayah Desa Puasana Kecamatan Amonggedo Kabupaten Konawe dengan jarak tempuh 30 menit dari jalan raya Trans Sulawesi (Poros Kendari-Kolaka).

 

Obyek Wisata ini setiap saat ramai dihadiri pengunjung masyarakat lokal Konawe, Kota Kendari, Koltim, Konut, Konsel dan Kolaka.

 

Adapun tarif tiket masuk sangat terjangkau, mulai Rp. 10.000,- untuk orang dewasa dan Rp. 5000 untuk anak -anak. Sementara tarif parkir kendaraan juga sangat terjangkau, roda empat Rp. 5000 sedangkan roda dua cuma Rp.  2000 per unit.

 

Obyek Wisata Kolam Renang Loka Mandiri berada di atas lahan seluas kurang lebih seperempat hektar dengan fasilitas di dalamnya dilengkapi dengan office room, tempat belanja sembako, toilet dan ruang ganti, kasebo, taman berfoto serta halaman parkir kendaraan.

 

Laporan : Aras Moita

About redaksi

Leave a Reply

x

Check Also

Diduga Tertekan, Korban Penganiayaan Oleh Anak Pejabat di Sinjai Cabut Laporan

SINJAI – Tindak pidana penganiayaan yang diduga dilakukan oleh putra salah satu pejabat publik di ...