Beri Bantuan Sembako ke Korban Puting Beliung, Kery Janji Bangunkan Rumah

  • Share
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (kiri) saat menyerahkan bantuan sembako kepada korban bencana Puting Beliung di Kelurahan Puusinawi Kecamatan Wawotobi, Selasa (6/4/2021). Foto: Istimewa

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (kiri) saat menyerahkan bantuan sembako kepada korban bencana Puting Beliung di Kelurahan Puusinauwi Kecamatan Wawotobi, Selasa (6/4/2021). Foto: Istimewa

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Bupati Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Kery Saiful Konggoasa menyambangi lokasi korban bencana alam puting beliung di Kelurahan Puusinauwi Kecamatan Wawotobi, Selasa (6/4/2021).

Kunjungan orang nomor satu di daerah lumbung beras  Sultra ini dalam rangka menyerahkan bantuan awal secara langsung kepada 10 kepala keluarga (KK) yang menjadi korban puting beliung.

Diketahui, pada hari Senin 5 April 2021 kemarin, sebagian wilayah di Konawe diterjang angin puting beliung. Sedikitnya, 15 rumah di tiga kelurahan di Kecamatan Wawotobi mengalami kerusakan berat akibat bencana alam tersebut.

Mengetahui hal itu, Kery sapaan akrab Bupati Konawe langsung turun tangan. Didampingi Sekretaris Daerah Konawe Ferdinand Sapan, Kadis Sosial Agus Suyono, Camat Wawotobi Muh. Said, Kapolsek Wawotobi, dan sejumlah Lurah, Kery menyerahkan bantuan awal berupa sembako (beras, minyak goreng, gula, kopi, teh, susu, indo mie), selimut, tikar, dan pakaian kepada warga yang menjadi korban puting beliung.

Di Kelurahan Puusinauwi, mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe itu menyantuni 10 kepala keluarga (KK). Kesepuluh KK tersebut yaitu Rama Nunung (warga) Kaimuddin (ketua RW IV), Sumarno (PNS), Naim (warga), Mariatin (ibu rumah tangga) Rusdin Haruna (warga) Manto Heri (warga), Yuliatin (ibu rumah tangga), Sunar (ketua RW II), dan Iksan Ndindi (warga).

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa Didamping Sekda Konawe dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kabag Humas dan Protokoler Setda Konawe menyambangi lokasi bencana alam Puting Beliung di Kelurahan Puusinauwi Kecamatan Wawotobi, Selasa (6/4/2021)

Setelah menyerahkan bantuan di Kelurahan Puusinauwi, Bupati Konawe kemudian menyerahkan bantuan serupa kepada empat Kepala Keluarga di Kelurahan Hopa-Hopa dan satu KK di Kelurahan Kasupute Kecamatan Wawotobi yang menjadi korban bencana alam tersebut.

Selain memberikan bantuan awal ini, Kery juga berjanji akan membangunkan rumah yang layak huni bagi korban bencana alam puting beliung yang rumahnya tidak dapat ditinggali lagi (rusak total).

“Pemda Konawe akan membangunkan rumah layak huni kepada saudara kita yang tertimpa musibah ini,” kata Kery saat menyerahkan bantuan kepada korban di Kelurahan Puusinauwi, Selasa (6/4/2021).

Sebagai wujud kepedulian kepada warganya yang tertimpa musibah, Bupati Kery Saiful Konggoasa langsung memerintahkan kepada instansi terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe untuk segera menyiapkan segala sesuatunya.

“Paling lambat hari Minggu sudah ada aktivitas di lapangan,” tegasnya.

Kondisi salah satu rumah warga yang disapu anging puting beliung pada Selasa 5 April 2021 kemarin. Foto: Istimewa

Mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah yang diserahkan langsung oleh Bupati, warga korban bencana alam puting beliung pun mengucap syukur. Dengan penuh haru warga menerima bantuan tersebut dari Bupati Konawe.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Konawe dua periode ini mengimbau seluruh masyarakat agar selalu waspada. Mengingat kondisi cuaca saat ini tidak menentu. Karena menurut Kery, bencana bisa datang kapan saja. Sehingga dengan kewaspadaan tinggi, masyarakat dapat mengantisipasi atau menyelamatkan diri ketika bencana datang secara tiba-tiba.

“Tingkat kewaspadaan, jika ada apa-apa segera laporkan ke pemerintah setempat (Lurah dan Kepala Desa),” pesan Kery.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokoler Sekretariat Daerah (Setda) Konawe Sukri Nur menambahkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe sangat peduli kepada warga yang tertimpa musibah. Kata dia, Bupati tidak pernah membedakan warganya dalam menyalurkan bantuan.

“Bencana apa saja, Pemda Konawe selalu hadir untuk meringankan beban warga. Inilah wujud kepedulian bapak Bupati kepada warganya yang lagi mengalami musibah,” pungkasnya.

Laporan: Sukardi Muhtar

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
banner 120x600
  • Share
error: Content is protected !!