Harmin Ramba Resmikan Pencanangan Gemapatas dan Gemapuldadis di Kecamatan Pondidaha

Pencanangan Gerakan Masyarakat Pemasangan Patok Batas (Gemapatas) dan Gerakan Masyarakat Pengumpulan Data Yuridis (Gemapuldadis ditandai dengan pasangan patok batas tanah oleh Penjabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SW, MM

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Penjabat Bupati Konawe, Dr. Harmin Ramba,SE, MM, membuka secara resmi Pencanangan Gerakan Masyarakat Pemasangan Patok Batas (Gemapatas) dan Gerakan Masyarakat Pengumpulan Data Yuridis (Gemapuldadis) yang diselenggarakan olej BPN Sultra, di Balai Desa Wawolemo, Kecamatan Pondidaha, Rabu, 20 Desember 2023.

Peresmian ini ditandai dengan pemasangan patok bidang tanah milik pemerintah Desa Wawolemo yang dirangkaikan dengan penyerahan 58 sertipikat tanah melalui program strategis Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2023.

Kegiatan ini dihadiri dan disaksikan langsung Kepala Kejaksaan (Kajari) Konawe, Dr. Musafir, SH, S.Pd, MH, KTU Kanwil BPN Sultra, Ketua DPRD Konawe, Dr. Ardin, S.Sos, Kepala BPN Konawe, Pabung 1417 Kendari Letkol Azwar Dinata, SH, Kapolsek Pondidaha Iptu Della Indah Lestari, S.Tr.K Pemerintah Kecamatan Kelurahan dan Desa se – Kecamatan Pondidaha serta masyarakat.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, mendorong masyarakat agar mengurus dokumen kepemilikan bidang tanah.

Selain itu, Harmin Ramba berharap kepada pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Desa untuk memberikan pemahaman kepada warganya tentang pentingnya memiliki alas hak tanah yang dimiliknya.

“Kedepannya saya berharap semua bidang tanah yang ada di Kabupaten Konawe sudah tersertipikasi, tidak ada lagi tanah yang istilahnya dulu SKT atau warisan,”jelas Harmin Ramba.

“Artinya kalau nyaman, lingkungan masyarakat aman maka semua akan tertib. Karena inti dari  sertipikat ini agar tidak terjadi cekcok, perselisihan berkepanjangan antar masyarakat,” sambung Kepala Kesbangpol Sultra ini.

Tak lupa Harmin Ramba mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada BPN Sultra atas terselenggaranya kegiatan Gemapatas dan Gemapuldadis dalam rangka membantu masyarakat mendapatkan kepastian hukum .

“Program ini merupakan program strategis nasional yang dicanangkan pemerintah pusat yang harus mendapat dukungan oleh pemerintah setempat,” pungkasnya.

Penjabat Bupati Konawe menyerahkan Sertipikat kepada penerima manfaat

Diketahui, dalam kunjungan kerja tersebut, PJ Bupati Konawe menyalurkan bantuan beras pemerintah sebanyak 3600kg untuk 360 Kepala Keluarga penerima manfaat.

Laporan: Sukardi Muhtar

About redaksi

Leave a Reply

x

Check Also

Danlanud Tinjau Lokasi Kunjungan Presiden di Bendungan Ameroro, Sekda Konawe: Pemda Sudah Melakukan Persiapan

SUARASULTRA.COM | Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Dr. Ferdinand, SP, MH mengatakan Pemerintah Kabupaten Konawe Provinsi ...