Ketua DPRD Konawe Ajak Pemda Gerak Cepat Bantu Warga Terdampak Bencana, PJ Bupati Langsung Temui Korban

Penjabat Bupati Dr. H  Harmin Ramba, SE, MM menyerahkan bantuan kepada warga terdampak bencana angin puting beliung di Desa Tanggodipo Kecamatan Uepai (kiri) dan Ketua DPRD Konawe Dr. H. Ardin, S.Sos, M.Si (kanan).

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Cuaca ekstrim yang terjadi beberapa hari terakhir membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Konawe terdampak bencana alam.

Wilayah tersebut terjadi di Kecamatan Routa, Wonggeduku, Kecamatan Konawe, dan Kecamatan Unaaha serta Uepai.

Menyikapi peristiwa ini, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe, Dr. H. Ardin, S.Sos., M.Si mengajak pemerintah daerah Kabupaten Konawe dalam hal ini Penjabat Bupati Dr. H. Harmin Ramba, SE., MM., serta seluruh jajarannya untuk segera memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana alam.

“Kami mengajak Pj Bupati agar segera memberikan bantuan kepada warga kita yang terkena dampak bencana alam,” jelas Ardin saat dijumpai di kediamannya, Selasa 23 Januari 2024.

Penjabat Bupati menyerahkan langsung bantuan kepada warga terdampak bencana angin puting beliung

Disebutkan wilayah yang terkena dampak bencana alam, seperti di Kecamatan Routa yang dilanda banjir, Kecamatan Konawe sebuah rumah milik warga yang dihantam angin puting beliung, Kecamatan Wonggeduku juga angin puting beliung, Kecamatan Unaaha serta pepohonan yang tumbang yang secepatnya harus segera di bersihkan. Termasuk musibah pusing beliung di Kecamatan Uepai.

“Pemerintah kami harapkan segera turun langsung, terutama leading sektor bencana (BPBD) dan dinas terkait,” tambahnya.

Kata Ardin, persoalan anggaran pemerintah tidak perlu ragu, pemerintah bisa menggunakan anggaran bencana atau dana khusus yang disiapkan untuk mengatasi masalah genting atau bencana seperti saat ini.

“Kita bisa gunakan dana bencana kita, poinnya masyarakat membutuhkan bantuan kita, olehnya tidak ada alasan bagi kita untuk membantu,” tutup Ardin.

Bupati Konawe menemui warga terdampak bencana

Di tempat terpisah, Penjabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM. Penjabat Bupati sudah sejak pagi telah menggerakkan semua sumber daya untuk turun memberikan bantuan kepada warga terdampak bencana.

Pada kesempatan ini, Penjabat Bupati bersama Sekda Konawe, Dr. Ferdinand, SP, MH didampingi oleh sejumlah kepala OPD mendatangi korban sebagai bentuk dukungan moril kepada warga yang ditimpa musibah angin puting beliung.

Selain memberikan dukungan moril, Bupati Konawe juga memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak bencana termasuk memberikan bantuan untuk perbaikan rumah.

“Bagi rumah yang mengalami kerusakan berat, Pemerintah daerah akan memberikan bantuan berupa material bangunan, jadi bukan berupa uang tunai,” kata Harmin Ramba.

Bupati Konawe Harmin Ramba meninjau langsung rumah warga yang rusak parah akibat bencana angin puting beliung

Selanjutnya, bagi warga yang mengalami luka dalam musibah tersebut, Harmin Ramba meminta agar segera di bawah ke Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

“Biaya perawatan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah daerah,” tegas Harmin.

Untuk diketahui, Wilayah Kabupaten Konawe diterjang bencana alam Angin Puting Beliung pada Senin, 22 Januari 2024 kemarin.

Angin disertai petir dan hujan yang menerjang sejumlah wilayah di daerah lumbung beras Sultra ini menyebabkan sejumlah rumah milik warga mengalami kerusakan, pohon tumbang hingga kabel listrik milik PLN di Unaaha putus.

Warga yang terdampak bencana terpaksa harus mengungsi di rumah keluarga mereka untuk sementara waktu.

Laporan : Sukardi Muhtar

About redaksi

Leave a Reply

x

Check Also

Danlanud Tinjau Lokasi Kunjungan Presiden di Bendungan Ameroro, Sekda Konawe: Pemda Sudah Melakukan Persiapan

SUARASULTRA.COM | Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Dr. Ferdinand, SP, MH mengatakan Pemerintah Kabupaten Konawe Provinsi ...