Peduli Kemanusiaan, Pemda Konawe Salurkan 500 Paket Bantuan Bencana Angin Puting Beliung

Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM menyerahkan bantuan kepada warga Desa Tanggodipo yang  terdampak bencana angin puting beliung

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Pemda Kabupaten Konawe menyalurkan 500 paket bantuan sembako berupa beras lima kilogram, gula pasir dua kilogram dan minyak goreng dua kilogram kepada warga terdampak bencana angin puting beliung, Selasa 23 Januari 2024.

Selain bantuan dari pemerintah daerah, warga terdampak juga mendapat bantuan berupa telur, air mineral dan Indomie dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Konawe.

Bantuan kemanusiaan tersebut di serahkan langsung oleh Penjabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM kepada warga yang tertimpa musibah. Pada kesempatan itu, Bupati didampingi oleh Sekretaris Daerah Dr. Ferdinand, SP, MH bersama Pabung Kodim 1417 Kendari Letkol Inf. Azwar Dinata, SH dan sejumlah kepala OPD Lingkup Pemda Konawe.

Penjabat Bupati Konawe mengatakan dirinya datang melihat secara langsung warga yang terkena dampak bencana angin puting beliung sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah terhadap warganya.

Penjabat Bupati menyapa warga terdampak bencana angin puting beliung

Menurut Bupati, kunjungan ini merupakan bentuk dukungan moril kepada warga yang terdampak bencana. Selain dukungan moril, Bupati juga menyalurkan secara langsung memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak bencana.

Lebih lanjut, Harmin Ramba menjelaskan bahwa bagi yang rumahnya mengalami rusak berat, pemerintah daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat akan melakukan perbaikan hingga layak untuk dihuni kembali.

“Bagi rumah yang mengalami kerusakan berat, Pemerintah daerah akan memberikan bantuan berupa material bangunan, jadi bukan berupa uang tunai,” kata Harmin Ramba.

Selanjutnya, bagi warga yang mengalami luka dalam musibah tersebut, Harmin Ramba meminta agar segera di bawah ke Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM saat meninjau langsung rumah warga yang rusak akibat bencana Angin Puting Beliung

“Biaya perawatan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah daerah,” tegas Harmin.

Harmin menerangkan bahwa akibat bencana angin puting beliung ini, lima kecamatan di Kabupaten Konawe mengalami dampak bencana. Kelima kecamatan itu yakni Kecamatan Wonggeduku, Wonggeduku Barat, Konawe, Unaaha, dan Uepai.

“Hari ini semua kita sudah kunjungi. Kami datang memberikan dukungan moril dan juga memberikan bantuan sembako kepada keluarga kita yang terdampak bencana,” pungkas Bupati Harmin Ramba.

Didampingi Sekda Konawe Dr. Ferdinand, SP, MH, Bupati Konawe menyerahkan bantuan sembako kepada warga terdampak Angin Puting Beliung

Untuk diketahui, Wilayah Kabupaten Konawe diterjang bencana alam Angin Puting Beliung pada Senin, 22 Januari 2024 kemarin.

Angin disertai petir dan hujan yang menerjang sejumlah wilayah di daerah lumbung beras Sultra ini menyebabkan sejumlah rumah milik warga mengalami kerusakan, pohon tumbang hingga kabel listrik milik PLN di Unaaha putus.

Warga yang terdampak bencana terpaksa harus mengungsi di rumah keluarga mereka untuk sementara waktu.

Laporan: Sukardi Muhtar

About redaksi

x

Check Also

Danlanud Tinjau Lokasi Kunjungan Presiden di Bendungan Ameroro, Sekda Konawe: Pemda Sudah Melakukan Persiapan

SUARASULTRA.COM | Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Dr. Ferdinand, SP, MH mengatakan Pemerintah Kabupaten Konawe Provinsi ...