Penjabat Bupati Konawe melepas Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Kabupaten Konawe, Rabu 24 Januari 2024.

Penjabat Bupati Secara Resmi Meluncurkan Penyaluran BPCB Pemerintah Kabupaten Konawe

Penjabat Bupati Konawe melepas Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Kabupaten Konawe, Rabu 24 Januari 2024.

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Penjabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM secara resmi me-Launching (meluncurkan) Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bertempat di Gudang Bulog Unaaha, Rabu 24 Januari 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, S.IK, Kepala Kejaksaan Negeri Konawe Dr. Musafir, SH, S.Pd, MH, Perwira Penghubung Kodim 1417 Kendari, Letkol Inf. Azwar Dinata, SH, para Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD, Kepala Perum Bulog Subdivre Unaaha, Muh. Abdan Djarmin, SE, MM Kabag Ekonomi, Kabag Umum serta Yusnita, S.Sos.

Kepala Perum Bulog Subdivre Unaaha, Muh. Abdan Djarmin, SE, MM dalam sambutannya menjelaskan bahwa Bulog Unaaha saat ini masih memiliki stok beras sebanyak1600 ton, Gula Pasir 100 ton dan minyak goreng 40ribu liter dan pada bulan Maret Bulog akan menerima 80ribu liter minyak goreng.

Dengan stok tersebut, Muh. Abdan Djarmin menyebut pihaknya bersama pemerintah daerah untuk melakukan gerakan pangan murah atau pasar murah dalam rangka menstabilkan harga bahan pokok menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri yang akan datang.

“Stok Beras, Gula Pasir dan Minyak Goreng masih cukup untuk enam bulan ke depan. Termasuk menghadapi bulan Ramadhan,” ungkap Kepala Bulog Muh. Abdan Djarmin.

Penjabat Bupati Konawe dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini Pemda Konawe masih fokus dalam penanganan Inflasi, kemiskinan ekstrem dan juga stunting. Sehingga peluncuran bantuan cadangan beras pemerintah ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat.

“Meski secara umum ada penurunan atau ada peningkatan program kerja yang signifikan tetapi itu tidak membuat kita harus cepat puas. Termasuk inflasi, Alhamdulillah kita masih terkendali di angka 2,51 persen,” kata Harmin Ramba.

 

Menurut Harmin Ramba, Per 1 Februari 2024 ini, Pemda Konawe tidak lagi bergantung kepada Kota Kendari dalam hal data inflasi daerah. Kata, dia, Kabupaten Konawe sudah berdiri sendiri dan merilis data sendiri.

“Makanya tadi pagi saya melakukan operasi pasar dan Alhamdulillah secara umum harga – harga kita cenderung mulai stabil,” ungkapnya.

Sementara kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe Abdul Hasim, SP, M.SI menambahkan bahwa untuk periode Januari hingga Juni 2024, Pemda Konawe dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dalam menyalurkan bantuan ke masyarakat bekerja sama dengan Forum Bulog dan PT Pos Indonesia.

Kata dia, bantuan BPCB yang akan disalurkan tersebut sebanyak 218.250 kilogram atau 218 ton.”Beras ini akan disalurkan kepada 21.825 penerima manfaat yang tersebar di 28 kecamatan,” kata Abdul Hasim.

Menurut Hasim sapaan akrab Kadis Ketapang, masing – masing penerima manfaat akan menerima bantuan 10 kilogram beras dari pemerintah. Penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah ini akan disalurkan oleh tim dari Bulog, PT Pos Indonesia dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe.

Laporan: Sukardi Muhtar

About redaksi

x

Check Also

Danlanud Tinjau Lokasi Kunjungan Presiden di Bendungan Ameroro, Sekda Konawe: Pemda Sudah Melakukan Persiapan

SUARASULTRA.COM | Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Dr. Ferdinand, SP, MH mengatakan Pemerintah Kabupaten Konawe Provinsi ...