Danlanud Tinjau Lokasi Kunjungan Presiden di Bendungan Ameroro, Sekda Konawe: Pemda Sudah Melakukan Persiapan

Sekda Konawe Dr. Ferdinand, SP, MH (kiri) saat menerima kunjungan Danlanud Haluoleo Kolonel Pnb Lili Eko Susanto SE, MM (tengah) bersama rombongan di ruang kerja Bupati Konawe, Senin 29 Januari 2024. Foto: Istimewa

SUARASULTRA.COM | Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Dr. Ferdinand, SP, MH mengatakan Pemerintah Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah siap menerima kunjungan Presiden RI di Bendungan Ameroro.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Ferdinand, SP, MH saat menerima kunjungan Danlanud Haluoleo Kolonel Pnb Lili Eko Susanto SE, MM bersama rombongan, Senin 29 Januari 2024.

Kunjungan kerja Danlanud tersebut dilakukan dalam rangka meninjau langsung persiapan terkait rencana kunjungan Presiden Republik Indonesia ke Bendungan Ameroro di Desa Ameroro, Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe.

Sekda Konawe pada kesempatan itu menjelaskan bahwa pada dasarnya, Pemerintah Kabupaten Konawe sudah melakukan berbagai persiapan dalam rangka menyambut kedatangan Presiden RI, Ir H. Joko Widodo.

“Selanjutnya, akan diatur oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR. Jadi tugas yang diberikan ke Pemda Konawe sudah kita laksanakan dengan baik,” kata Ferdy sapaan akrab Sekda Konawe.

Menurut Ferdy, meski persiapan sudah dilakukan sedemikian rupa, tetapi pihaknya (Pemda Konawe) belum mendapatkan informasi secara resmi terkait jadwal kedatangan RI 01 di daerah Lumbung Beras Sultra ini.

“Sampai saat ini, kami belum menerima schedule resmi terkait kunjungan bapak Presiden,” jelas Ferdy.

Terkait kunjungan Danlanud bersama rombongan, Ferdy mengatakan bahwa kedatangan Danlanud di Konawe itu dalam rangka memaksimalkan persiapan lokasi yang akan di kunjungi Presiden.

“Mereka (Danlanud) datang cek kondisi di lokasi bendungan salah satunya rencana helipad (pendaratan helikopter). Karena direncanakan Presiden akan menggunakan helikopter dari bandara Haluoleo menuju lokasi bendungan,” jelas Sekda Konawe.

“Ada beberapa catatan yang harus dibenahi oleh pihak PU agar pendaratan bisa lebih aman sesuai standar penerbangan TNI AU,” sambungnya.

Masih kata Ferdy, kehadiran Danlanud ini memberikan dukungan serta koordinasi yang penting dalam upaya menjaga keamanan dan kelancaran kunjungan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo.

Untuk diketahui, bendungan Ameroro ini memiliki kapasitas tampung 54,15 juta m³ dengan luas genangan 244,51 hektare. Bendungan ini berpotensi menambah layanan daerah irigasi seluas 3,363 hektare di Kabupaten Konawe.

Sehingga, dengan selesainya pembangunan Bendungan Ameroro ini diharapkan dapat meningkatkan volume tampungan air sehingga suplai air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, tersedianya air baku, serta pengendalian banjir dan suplai air irigasi dari bendungan dapat membantu petani meningkatkan intensitas tanamnya.

Laporan: Sukardi Muhtar

About redaksi

x

Check Also

Diduga Tertekan, Korban Penganiayaan Oleh Anak Pejabat di Sinjai Cabut Laporan

SINJAI – Tindak pidana penganiayaan yang diduga dilakukan oleh putra salah satu pejabat publik di ...