Tingkatkan Produksi Pertanian, Harmin Ramba Serahkan Bantuan 34 Unit Alsintan Kepada Kelompok Tani

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

Penjabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, didampingi Kadis TPHP H. Gunawan Samad, SP bersama Pabung Letkol Inf Azwar Dinata, SH menyerahkan Bantuan Alsintan Kepada Kelompok Tani secara simbolis, Senin 19 Februari 2024.

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Dalam rangka peningkatan produksi pertanian, Penjabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM menyerahkan 34 unit bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani secara simbolis di halaman kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP), Senin 19 Februari 2024.

Bantuan yang diserahkan oleh Harmin Ramba berupa 24 unit Hand Traktor roda dua, 5 unit Combine atau mesin pemotong padi dan 5 unit hand traktor roda empat (Jonder). Saat penyerahan bantuan, Harmin Ramba didampingi Kadis TPHP H. Gunawan Samad, SP, Perwira Penghubung Kodim 1417 Kendari, Letkol Inf. Azwar Dinata, SH serta Asisten II Setda Konawe Muh. Akbar, SP, M.Si.

Pada kesempatan itu, Harmin Ramba mengatakan bantuan ini diberikan kepada petani sebagai wujud komitmen pemerintah dalam mendorong peningkatan produksi pertanian khususnya produksi padi di Kabupaten Konawe.

“Bantuan alsintan ini akan kita serahkan secara transparan dan digunakan untuk kepentingan masyarakat,” kata Harmin Ramba.

Sesi Foto bersama di halaman kantor Dinas TPHP Konawe

Kepada kelompok tani penerima manfaat, Harmin Ramba berpesan agar batuan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat. Sehingga petani Konawe ke depan bisa lebih sejahtera lagi.

“Apalagi hubungannya dengan konsep pembangunan saya, konsep Kota Padi. Konawe atau Unaaha merupakan sentra atau pusat pertumbuhan satu yang mana sektor andalan kita adalah padi,” ungkap Harmin Ramba.

Untuk menuju ke Kota Padi, Harmin Ramba akan mendorong hilirisasi pertanian dalam arti luas. Dan salah satu faktor pendukungnya adalah penyediaan infrastruktur dan peralatan pertanian yang bisa digunakan pada lahan kering maupun lahan basah. Sehingga produksi padi dan tanaman hortikultura lainnya bisa meningkat.

Terakhir, Harmin Ramba mengucapkan terima kasih kepada Perwira Penghubung Kodim 1417 Kendari Letkol Inf. Azwar Dinata karena selama ini membantu pemerintah daerah Kabupaten Konawe.

“Terima kasih bapak Perwira Penghubung telah hadir. Kenapa saya undang beliau? Karena beliau lah yang pertama mempertemukan saya dengan Mentan RI. Pabung yang memberi manfaat untuk masyarakat,” pungkas Harmin Ramba.

Diketahui, Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr. Andi Amran Sulaiman saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di Desa Waworoda Jaya Kecamatan Tongauna Utara Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis 11 Januari 2024 lalu menjanjikan bantuan alsintan kepada petani Konawe.

Janji Mentan Amran Sulaiman kini telah direalisasikan. Bantuan ini turun berkat komunikasi yang dibangun oleh Penjabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba.

Penjabat Bupati Konawe berhasil meyakinkan Mentan RI sehingga bantuan tersebut diberikan dalam mendukung program Bupati Konawe untuk menjadikan daerah lumbung beras Sultra ini menjadi Kota Padi.

Selain bantuan alsintan, Mentan RI Amran Sulaiman Kementerian Pertanian RI melalu Direktorat Jenderal (Ditjen) Tanaman Pangan juga menyerahkan bantuan benih Padi dan Jagung senilai Rp1,53 Miliar.

Mentan RI dalam sambutannya mengatakan bantuan yang diberikan tersebut sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam mendorong kesejahteraan petani.

“Sebagai lumbung padi Sultra, Konawe ke depan diharapkan bisa menopang provinsi lain. Sehingga dukungan bantuan berupa benih, pupuk dan alsintan kita turunkan di tempat ini (Konawe-red),” kata Mentan Amran Sulaiman.

Menurut Mentan, bantuan itu diturunkan setelah penjabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba berkunjung ke kantor Kementerian Pertanian beberapa waktu lalu.

“Pak Bupati datang ketemu saya. Bupati tidak minta bantuan, hanya mengajak saya pulang kampung dan itu sudah saya paham maksudnya. Sehingga hari ini saya hadir dan memberikan bantuan kepada petani Konawe,” ujar Amran Sulaiman.

Laporan: Sukardi Muhtar

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

x

Check Also

Berhasil Mengedukasi Pemilih Tanpa Politik Uang, Trinop Tijasari Ucapkan Terima Kasih Kepada Konstituen

SUARASULTRA.COM | KENDARI – Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 telah usai. Peserta pemilu saat ini ...