Hasil Survei SMRC: Rusdianto-Fachry Pontensi Menang Telak Pilkada Konawe

  • Share

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) baru-baru ini meliris hasil survei elektabilitas calon bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Konawe di sejumlah media.

Potensi elektoral terkuat masih didominasi empat nama. Mereka adalah Harmin Ramba, Rusdianto, Fachry Pahlevi Konggoasa dan Yusran Akbar.

Dalam survei semi terbuka dengan pertanyaan, seandainya pemilihan langsung Bupati Konawe dilaksanakan sekarang ini, siapa yang akan bapak ibu pilih diantara nama berikut?

Hasilnya, elektabilitas Harmin Ramba memimpin dengan perolehan 21,1 persen. Menyusul Rusdianto yang beda tipis, 20,2 persen. Lalu, Fachry Pahlevi Konggoasa diangka 14,2 persen dan Yusran Akbar 10,1 persen.

Selain itu, ada juga dua kandidat lain yang memperoleh hasil survei di atas 5 persen, yakni Irawan Laliasa 5,3 persen dan Ardin 5,1 persen. Sisanya, mereka yang memiliki persentasi di bawah tiga persen bahkan sampai nol koma sekian persen.

Dari data tersebut, terlihat jelas bahwa persentasi pasangan Rusdianto (20,2 persen) dan Fachry Pahlevi Konggoasa (14,2 persen) jauh lebih tunggul dan berpotensi besar memenangkan Pilkada Konawe.

Sementara Harmin Ramba, elektabilitasnya boleh sedikit lebih tinggi. Namun ia tidak didukung elektabilitas wakilnya, Dessy Indah Rachmat yang hanya duduk diangka 1,2 persen. Ketimpangan besar angka elektabilitas dari pasangan berakronim HADIR tersebut, jelas sangat tidak menguntungkan.

Sama halnya dengan Yusran Akbar. Posisinya yang hanya berada di empat besar, tidak ditunjang dengan baik oleh elektabilitas wakilnya, Syamsul Ibrahim yang hanya memperoleh 2,3 persen. Persentase ini hanya akan membuat pasangan berakmonim YA-SYAM menjadi kuda hitam dalam laga Pilkada nanti.

Anggota DPRD Konawe, I Made Asmaya dalam orasinya saat penjemputan pasangan Rusdianto-Fachry mengatakan, Rusdianto dan Fachry adalah pasangan paling ideal untuk memenangkan Pilkada Konawe.

Menurutnya, pria yang kembali terpilih dalam Pilcaleg 2024 tersebut, Rusdianto-Fachry sama-sama memiliki elektabilitas yang tinggi. Keduanya juga sama-sama memiliki basis dan pendukungnya.

“Makanya, kami sangat yakin bisa memenangkan pasangan Rusdianto-Fachry. Saya sendiri pun akan menggunakan segala potensi untuk memenangkan pasangan ini,” tegasnya. ***

Editor: Redaksi

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
banner 120x600
  • Share
error: Content is protected !!