Kerja Nyata RD-FPK: Bangun Fasilitas Agroindustri Hingga Aspan Jalan 4000 Meter

  • Share
FOTO: Ilustrasi

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
FOTO: Ilustrasi

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe, Rusdianto dan Fachry Pahlevi Konggoasa benar-benar menunjukan eksistensinya sebagai kandidat yang layak maju di Pilkada Konawe 2024.

Kalau ditanya kontribusi apa yang sudah mereka dilakukan untuk daerah, jelas pasangan RD-FPK telah memberi banyak hal untuk warga Konawe jauh hari sebelum Pilkada.

Salah satu kontribusi nyata itu datang dari balon Wakil Bupati Konawe, Fachry Pahlevi Konggoasa saat masih menjabat Anggota DPR RI.

Dalam bidang ketahanan pangan dan PSP (Prasarana dan Sarana Pertanian), Fachry telah menyalurkan bantuan P2L atau Pekarangan Pangan Lestari kepada 75 kelompok ibu-ibu di beberapa desa dan kelurahan se-Kabupaten Konawe.

Kegiatan P2L merupakan kegiatan pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk budidaya berbagai jenis tanaman melalui kebun bibit di lahan tidur, maupun pekarangan sekitar tempat tinggal.

Kemudian, Fachry juga menyalurkan bantuan UPPO atau Unit Pengelolaan Pupuk Organik untuk 30 kelompok. Masing-masing kelompok mendapatkan bantuan senilai Rp200 juta untuk pengembangan rumah kompos dan kandang ternak untuk menghasilkan pupuk organik.

Selain itu, Fachry juga telah membangun fasilitas untuk mendukung produksi pertanian di Konawe.

Beberapa diantaranya, yakni pembangunan tempat pengeringan gabah atau vertical dryer berkapasitas 10 ton dan 30 ton, masing-masing dua unit. Kemudian, pembangunan RMU (Rice Milling Unit) atau rumah penggilingan gabah 3 unit.

Tak hanya itu, Fachry juga membangun dan melakukan rehabilitasi jaringan irigasi tersier sepanjang 2.200 meter. Pembuatan dan pengaspalan jalan usaha tani 4.000 meter untuk 20 kelompok tani. Hingga membantu masyarakat membuka agen pupuk bersubsidi di wilayah terpencil di Konawe.

“Kalau yang lain baru berencana, kami pasangan RD-FPK telah banyak berbuat, jauh-jauh hari sebelum Pilkada. Bantuan aspirasi saya selama di DPR RI ini, alhamdulillah telah banyak dinikmati keluarga petani Konawe selama beberapa tahun belakangan,” ungkap Fachry.

Bantuan-bantuan yang diturunkan Fachry dari pusat ke Konawe juga diakui, Ketua DPRD Konawe, I Made Asmaya. Legislator PDI Perjuangan itu mengungkapkan, salah satu ruas jalan di Desa Meraka, Kecamatan Onembute yang hari ini teraspal adalah buah bantuan dari Fachry saat menjabat DPR RI.

Untuk diketahui, bantuan-bantuan yang disalurkan Fachry tersebut merupakan bantuan dari dana aspirasinya saat menjabat Anggota Komisi IV DPR RI, selama tahun 2020 hingga 2022.

Laporan: MJ

Editor: Sukardi Muhtar

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
banner 120x600
  • Share
error: Content is protected !!