Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Anggota TNI Jalani Tes Urine

  • Share
Suasana Pemeriksaan Urine Anggota TNI lingkup Kodim 1417/Kendari. Foto: Remon

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Suasana Pemeriksaan Urine Anggota TNI lingkup Kodim 1417/Kendari. Foto: Remon

SUARASULTRA.COM, KENDARI – Anggota TNI jalani tes urine di Aula Makodim, Kamis 21 November 2019. Kegiatan ini dalam rangka upaya pencegahan dari penyalahgunaan narkoba di lingkungan TNI, khususnya Kodim 1417/Kendari.

Kegiatan ini, berkat kerja sama antara Kodim 1417/Kendari dengan BNN Kota Kendari menyelenggarakan tes urine dan penyuluhan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada Prajurit Kodim 1417/Kendari.

Dandim 1417/Kendari, Kolonel Infanteri Alamsyah mengatakan, penyuluhan ini sebagai sarana pembentukan kader penyuluh bahaya Narkoba kepada masyarakat terkait tugas Babinsa sebagai aparat pembina kewilayahan. Program ini secara rutin dilaksanakan dalam mendukung BNN memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba.

“Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba saat ini sudah sangat mengkhawatirkan karena berpotensi mengancam kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, yaitu hilangnya satu generasi baik secara kualitas maupun kuantitas,” ucap Alamsyah

Dandim juga menekankan, kegiatan ini bukan sekedar acara yang bersifat seremonial, akan tetapi juga menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia untuk terus menguatkan tekad dalam upaya memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba khususnya dalam pembinaan masyarakat dalam jajaran wilayah binaan Kodim 1417/Kendari.

“Bagi prajurit di era moderen ini, salah satu satu musuh yang harus di perangi adalah Narkoba. Narkoba bisa menyelinap ke seluruh kalangan, tanpa memandang jenis kelamin dan profesi yang efeknya sangat besar merugikan bagi pemakainya,” bebernya.

Sementara itu, Kepala BNN Kota Kendari, Hj Murniaty menuturkan, bila narkoba digunakan secara terus menerus atau melebihi takaran yang telah ditentukan akan mengakibatkan ketergantungan. Kecanduan inilah yang akan mengakibatkan gangguan fisik dan psikologis, karena terjadinya kerusakan pada sistem syaraf pusat (SSP) dan organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati dan ginjal.

“Dampak penyalahgunaan narkoba pada seseorang sangat tergantung pada jenis narkoba yang dipakai, kepribadian pemakai dan situasi atau kondisi pemakai. Secara umum, dampak kecanduan narkoba dapat terlihat pada fisik, psikis maupun sosial seseorang,” terang Murniaty.

Lanjut Murniaty, berbagai upaya BNN bersama Instansi terkait melakukan dan mencegah penyalahgunaan narkoba. Ini menjadi tugas dan tanggung jawab bersama untuk memberantas dan memutuskan mata rantai Narkoba.

Laporan: Remon

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
banner 120x600
  • Share