Home / Daerah / Edisi Perdana, Nilai Transaksi Pasar Hewan di Soppeng Mencapai Ratusan Juta Rupiah

Edisi Perdana, Nilai Transaksi Pasar Hewan di Soppeng Mencapai Ratusan Juta Rupiah

Make Image responsive
Make Image responsive

Suasana edisi perdana pasar hewan di Cangadi. Minggu (9/2/2020). Foto: Istimewa

SOPPENG – Comunity Pedagang Sapi Soppeng (COPASS) menggelar pasar hewan di Cangadi Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (9/2/2020).

Pasar hewan edisi perdana ini diikuti 42 pedagang sapi yang tergabung dalam COPASS. Pasar hewan beromzet 1,2 Miliar ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Soppeng, Ir. Erman Hasnawi.

Meski baru edisi perdana, pasar hewan ini memulai transaksi yang sangat menggembirakan. Nilai transaksi mencapai Rp. 400 juta. Tiga ekor sapi diborong oleh pembeli dari Kabupaten Bone dengan harga Rp. 58 juta.

“Alhamdulillah hari ini untuk pertama kalinya dalam sejarah dilaksanakan pasar hewan dan dengan partisipasi dan nilai transaksi yang menggembirakan,” kata Ir. Erman Hasnawi, Minggu (9/2/2020) melalui Rilis yang diterima Redaksi Suara Sultra.

Pasar Hewan di Cangadi Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan. Foto: Istimewa

Menurut Erman sapaan akrab Kadis Peternakan dan Keswan ini, sejak dibuka, pembeli dan pedagang sangat antusias berdatangan dari berbagai kecamatan. Bahkan lanjut Erman, beberapa diantaranya berasal dari luar Kabupaten Soppeng (Bone, Sidrap, Wajo).

“Selain jual beli, kami juga melakukan penyuluhan, pelayanan penyakit, pemeriksaan kebuntingan dan inseminasi buatan,”ujarnya.

Dikatakan, pada pasar hewan berikutnya akan disiapkan transaksi non tunai dengan bekerja sama pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Pasar hewan edisi perdana ini juga dihadiri oleh Kadis Koperindag Kabupaten Soppeng dan Staf Ahli Kementerian Pertanian (Kementan) yang kebetulan saat itu melintas di lokasi kegiatan.

Diketahui, sesuai permintaan pedagang, pasar hewan ini akan dilaksanakan setiap hari Minggu.

Laporan: Sukardi Muhtar

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
error: Content is protected !!