Home / Ekonomi & Bisnis / Gunakan Dana Desa, Desa Kokapi “Disulap” Ala Perkotaan di Malam Hari
Make Image responsive
Make Image responsive

Gunakan Dana Desa, Desa Kokapi “Disulap” Ala Perkotaan di Malam Hari

Make Image responsive

Desa Kokapi di malam hari

SUARASULTRA.COM | KONUT – Sejumlah Desa di wilayah Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai melaksanakan Program Konasara Terang. Salah satunya adalah Desa Kokapi Kecamatan Sawa.

Melalui anggara Dana Desa (DD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBN), wilayah desa tersebut kini terang benderang ala perkotaan di malam hari.

Kepala Desa Kokapi, Sudarmo saat ditemui awak media, Suarasultra.com menjelaskan bahwa dalam rangka mewujudkan program pemerintah daerah Konut yaitu Konasara Terang, maka tahun ini pihaknya mengadakan sarana lampu jalan sebanyak 120 tiang dengan KWH listrik tiga unit melalui Anggaran DD 2020 tahap pertama.

“Tujuan pengadaan lampu jalan ini adalah untuk mewujudkan program Konasara Terang dan Indonesia Terang,” kata Sudarmo.

Menurut Kades, kondisi jalan desa terang benderang tersebut sangat bermanfaat bagi pejalan kaki maupun pengendara yang melintas di wilayah setempat. Selain itu, dengan kondisi jalan yang terang lanjut dia dapat mencegah tindak kriminalitas serta mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Walaupun di wilayah kami masih aman dari tindakan pelanggaran hukum, namun Pemerintah dan masyarakat Kokapi bersepakat untuk mencegah pelanggaran hukum dengan menyiapkan sarana lampu jalan,” pungkasnya.

Sementara di tempat terpisah, Pendamping Lokal Desa (PLD) Kokapi Romin menambahkan bahwa pengadaan lampu jalan di Desa Kokapi sudah sesuai progres kegiatan.

“Sebelumnya, jalan poros wilayah Desa Kokapi gelap gulita. Dengan adanya lampu jalan tersebut, menimbulkan perubahan positif terhadap daerah. Sekarang sudah mirip wilayah perkotaan,” ujarnya.

Diketahui, untuk desa di wilayah Kecamatan Sawa yang telah mengadakan lampu jalan melalui DD APBN 2020 diantaranya, Desa Kokapi, Pudonggala Utama, Pekaroa, Panggulawu, Ulusawa dan Desa Lalembo.

Laporan: Aras Moita

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
error: Content is protected !!