Home / Daerah / Pemda Konut Kembali Wujudkan Impian Nelayan di Kecamatan Sawa

Pemda Konut Kembali Wujudkan Impian Nelayan di Kecamatan Sawa

Bupati Konut DR.H. Ruksamin (kelima dari kanan) bersama Kadis PUTR dan OPD saat di lokasi pengaspalan perdana di Desa Ulu Sawa pada Jumat (29/11/2019). Foto : Aras Moita.

SUARASULTRA.COM, KONUT – Komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam pembangunan infrastruktur kini terus diwujudkan.

Salah satunya hari ini Jumat (29/11/2019) pekerjaan pengaspalan jalan lingkar Sawa yang berada di Desa Ulu Sawa, Laimeo dan Desa Tanjung Laimeo sudah dilakukan pengaspalan perdana yang dilakukan langsung oleh Bupati Konawe Utara.

H.Ruksamin Bupati Konut saat melakukan pengaspalan perdana menjelaskan sejak tahun 2016 Pemda Konut telah merencanakan pengaspalan jalan di tiga desa ini. Dan melalui Dana Alokasi Khusus APBN 2019, Pemda Konut mewujudkan keinginan masyarakat.

“Untuk peningkatan percepatan pembangunan infrastruktur di Konawe Utara, saya sudah komunikasi langsung dengan Menteri Keuangan RI agar tahun depan kita bisa diberikan anggaran yang lebih besar untuk pembangunan daerah kita,” kata Ruksamin kepada suarasultra.com.

Bupati Konut (ketiga dari kiri) didampingi Kadis PUTR dan Kabag Humas Pemda Konut sedang mengukur volume lebar jalan aspal saat kegiatan Pengaspalan Perdana di Desa Ulu Sawa, Jumat (29/11/2019). Foto: Aras Moita

Menurut Ruksamin, tujuan peningkatan infrastruktur jalan adalah bahagian dari upaya pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Konut termasuk masyarakat nelayan di Kecamatan Sawa.

“Selain infrastruktur, ke depan kita tingkatkan Sumber Daya Manusia dan sarana parasarana sesuai kebutuhan masyarakat di seluruh bidang. Ini tidak terlepas dari tindak lanjut pelaksanaan program pemerintah daerah dan program pemerintah pusat yang pada akhirnya berdampak positif terhadap masyarakat Daerah Konawe Utara,”tutur Ketua DPW Partai Bulan Bintang Sulawesi Tenggara tersebut.

Masih di tempat yang sama, Kepala Dinas PUTR Konut Ir. H. Majenuddin menambahkan bahwa saat ini Dinas PUTR sedang menyiapkan program untuk tahun 2020 mendatang.

“Selain kegiatan tahun ini kita akan selesaikan, saat ini kami sudah menyiapkan program kegiatan pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana dasar diantaranya adalah pembangunan jalan dan jembatan di wilayah perkotaan dan perdesaan,” ujar Majenuddin.

Proses Pengaspalan jalan lingkar Sawa di Desa Ulusawa, Laimeo dan Desa Tanjung oleh CV. Berdaya Mediatama. Foto: Aras Moita

Lebih lanjut Majenuddin menerangkan bahwa untuk infrastruktur jembatan di wilayah kecamatan. 1 unit yang ada di desa ini ( Ulu sawa) tahun depan kita bangun jembatan permanen karena kondisi bangunan jembatan saat ini sudah tidak layak pakai untuk kendaraan bermuatan berat.

Menanggapi soal itu, salah satu warga masyarakat nelayan desa Ulu Sawa, Muh. Alwi kepada suarasultra.com mengatakan perhatian pemerintah daerah Konut kepada masyarakat harus kita dukung bersama.

“Jalan beraspal yang sudah puluhan tahun kami harapkan, mulai hari ini sudah terwujud sehingga sebagai masyarakat kecil, kami sangat berterimakasih kepada Bapak H. Ruksamin selaku pimpinan daerah dan jajarannya yang telah berupaya membangun jalan dan jembatan di wilayah kami,” pungkasnya.

Diketahui, Pengaspalan Jalan lingkar sawa bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN tahun 2019 dengan nilai anggaran Rp.7.471.717.000,- dan dilaksanakan oleh CV. Berdaya Mediatama.

Laporan: Aras Moita

 

 

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top