Home / Lipsus / Advetorial / Ratusan Pembudidaya Ikan Kecil di Konawe Dapat Kartu Asuransi

Ratusan Pembudidaya Ikan Kecil di Konawe Dapat Kartu Asuransi

Make Image responsive
Make Image responsive

Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara, S.T.,M.M., saat menyerahkan Kartu Asuransi secara simbolis kepada perwakilan Pembudidaya Ikan Kecil, Rabu (8/1/2020) di Dinas Kelautan dan Perikanan Konawe.

SUARASULTRA.COM, KONAWE – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus menggenjot konsep Gerbang Menuju Masyarakat Sejahtera, Berkelanjutan dan Berdaya Saing (Konawe Gemilang).

Konsep ini merupakan progam pro rakyat yang berorientasi pada terwujudnya masyarakat Konawe sejahtera dalam arti sesungguhnya.

Diketahui, Pemda Konawe di bawah kepemimpinan duet Kery Saiful Konggoasa – Gusli Topan Sabara, S.T.M.M., memiliki tiga program unggulan untuk mewujudkan konsep Konawe Gemilang tersebut.

Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara, ST, MM saat memimpin rapat di Dinas Kelautan dan Perikanan Konawe

Ketiga program tersebut yakni program sejuta ton beras di Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Program sejuta sapi di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, dan program seribu kolam di Dinas Kelautan dan Perikanan Konawe.

Selain itu, Pemda Konawe juga melaksanakan proyek perumahan percontohan di BTN Idaman Indah Wawonggole. Proyek ini diperkirakan rampung seratus persen tahun ini.

Sementara untuk program seribu kolam, Pemda Konawe melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Konawe pada tahun 2019 telah mencetak kolam ikan air tawar bagi keluarga kurang mampu untuk membantu ekonomi keluarganya.

Selain cetak kolam, di tahun yang sama DKP juga telah menyalurkan kurang lebih serarus ribu ekor bibit ikan kepada warga penerima manfaat.

Untuk diketahui, program bantuan benih ikan ini merupakan langkah untuk menyukseskan program seribu kolam. Program seribu kolam juga merupakan salah satu program unggulan Pemda Konawe dalam rangka meningkatkan taraf hidup warga.

Suasana Rapat di Dinas Kelautan dan Perikanan Konawe

Bukan hanya sampai di situ, di awal Januari 2020 ini, Pemda Konawe kembali menyerahkan kartu asuransi kepada ratusan pembudidaya ikan kecil.

Kartu asuransi tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara, Rabu (8/1/2020). Penyerahan secara solimbolis tersebut berlangsung di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Konawe dan disaksikan oleh Kadis DKP bersama jajarannya.

Kepala DKP Konawe, H. Gunawan Samad pada kesempatan tersebut menuturkan bahwa program asuransi kepada pembudidaya ikan kecil itu merupakan hasil kerja dari Kementerian Perikanan bersama perusahaan asuransi Jasindo. Untuk DKP Konawe sendiri mendapat jatah 111 kartu asuransi.

Para penerima tersebar di lima kecamatan. Yakni Kecamatan Puriala, Unaaha, Padangguni, Meluhu dan Kapoiala.

Gunawan menerangkan, asuransi itu berguna untuk memproteksi dan memberi perlindungan terhadap usaha budidaya warga penerima asuransi. Jika nanti sewaktu-waktu terjadi bencana banjir, maka pihak perusahaan akan membayarkan klaim atas kerugian yang dialami warga petambak.

“Jadi dengan asuransi ini petambak tidak perlu takut rugi, karena telah ada jaminan dari perusahaan asuransi,” ujarnya.

Peserta Rapat Penyerahan Kartu Asuransi kepada Pembudidaya Ikan Kecil

Sementara itu, Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara mengatakan, program terkait perikanan adalah program yang menjadi prioritas Pemda Konawe. Adanya program asuransi dari Kementerian Perikanan tentu sangat membatu upaya dalam menyukseskan program Konawe Gemilang.

“DKP harus terus melalukan inovasi, yang tujuannya tiada lain untuk memakmurkan masyarakat,” jelas Gusli.

Gusli juga memerintahkan agar DKP segera terus mendata warga kurang mampu di Konawe untuk diberikan bantuan. Tahun ini (2020) pihaknya akan membuat desa/kelurahan percontohan di 21 titik.

“Salah satu program di tiap desa dan kelurahan percontohan adalah pengembangan budidaya perikanan untuk keluarga,” pungkasnya.

Laporan: Sukardi Muhtar

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
error: Content is protected !!