Home / Ekonomi & Bisnis / Stok Pangan di Konawe Aman Meski Produksi Gabah Menurun

Stok Pangan di Konawe Aman Meski Produksi Gabah Menurun

Make Image responsiveMake Image responsive

Kadis Ketahanan Pangan Konawe Muh. Akbar, SP, M.Si

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe, Muh Akbar, SP, M.Si mengatakan perbaikan beberapa infrastruktur irigasi Bendung Wawotobi berdampak kepada sebagian petani sawah di daerah ini.

Salah satu dampak yang dirasakan saat ini adalah berkurangnya luas areal panen. Hal ini memicu turunnya produktivitas padi di Konawe. Penurunan produksi tersebut kata Muh Akbar diprediksi berlangsung hingga tahun 2023 mendatang.

“Angka statistik menunjukan produktivitas gabah petani kita menurun dengan adanya perbaikan saluran irigasi tersebut,” kata Muh Akbar kepada awak media ini, Kamis 16 Juni 2022.

Meski terjadi penurunan produktivitas, mantan Camat Unaaha ini, memastikan ketersediaan pangan di Kabupaten Konawe masih aman hingga musim panen berikutnya.

“Stok beras kita masih dapat diimbangi dengan hasil produksi petani di beberapa kecamatan yang tidak terkena dampak perbaikan saluran irigasi seperti wilayah Tongauna, Tongauna Utara dan Abuki,” terangnya.

Selain itu lanjut Akbar, ketersediaan stok pangan ini juga ditunjang dengan ketersedian stok beras di gudang dolog yang melimpah dan melebihi kapasitas.

“Beras di gudang Bulog melimpah, jadi ketersediaan pangan kita tahun ini sampai tahun depan masih aman, termasuk bahan pangan lainnya,” tegasnya.

Laporan: Sukardi Muhtar

Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
error: Content is protected !!