Home / Daerah / Warga Konawe Utara Kembali Terima Program BSPS

Warga Konawe Utara Kembali Terima Program BSPS

Ketgam : Bupati Konawe Utara, Dr. H.Ruksamin saat menyerahkan bantuan BSPS tahun 2019 secara simbolis.

SUARASULTRA.COM, KONUT – Masyarakat desa kurang mampu di wilayah kabupaten Konawe Utara (Konut) provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), tahun ini kembali menerima program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Musniar M.Silondae, ST, M.Si mengatakan bantuan BSPS tersebut adalah hasil perjuangan dari Bupati Konut, H.Ruksamin yang telah mengusulkan ke pemerintah pusat melalui Dirjen Perumahan Rakyat.

“Sebelumnya jangka waktu pelaksanaan kegiatan itu bejalan tujuh bulan, tetapi untuk kegiatan tahun ini hanya berjalan tiga bulan dengan jumlah anggaran Rp.17.500.000,- per unit,” kata Musniar M.Silondae di hadapan warga penerima manfaat dari kecamatan Lasolo dan Wawolesea, Selasa (10/9/2019).

Ketgam : Bupati Konut Dr. H.Ruksamin saat acara penyerahan Buku tabungan penerimaan BSPS di balai desa Barasanga kecamatan Wawolesea , Selasa (10/09/2019).

Menurut Musniar, proses pencairan secara bertahap akan dilakukan melalui bank Sultra. Kemudian lanjutnya, dana tersebut tidak bisa ditarik tunai oleh penerima. “Dalam proses program ini tidak dipungut biaya,”ujarnya

Sementara Bupati Konut H.Ruksamin saat acara penyerahan buku tabungan kepada masyarakat penerima manfaat di desa Barasanga , menjelaskan bahwa bantuan rehabilitasi rumah tahun ini berdasarkan hasil usulan Pemerintah Daerah (Pemda) Konut kepada kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR ) Republik Indonesia pada tahun 2018 yang lalu.

“Program untuk mengurangi jumlah rumah tidak layak huni di Konut sebanyak 100 unit dan ini tidak luput dari perhatian pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan rumah layak huni,” sebut H. Ruksamin.

Salah satunya kata ketua DPW PBB Sultra itu yakni melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang dikenal dengan istilah bedah rumah.

Selain itu, tahun 2019 dari pemerintah daerah masyarakat mendapat bantuan rumah nelayan di desa Laimeo sebanyak 30 unit.

Ketgam : Tampak sejumlah SKPD, Camat dan Kades, serta segenap management Bank Sultra dan masyarakat penerima manfaat BSPS.

“Ada juga bantuan perumahan bagi warga korban bencana banjir di daerah ini, itu juga sebahagian dari anggaran APBN dan APBD,”terang H.Ruksamin.

Kegiatan penyerahan buku tabungan bantuan BSPS ini dihadiri sejumlah SKPD, Camat dan Kades, serta segenap management Bank Sultra dan masyarakat penerima maanfaat BSPS.

Diketahui, dalam kurun waktu 4 tahun (2015-2018), program BSPS telah meningkatkan rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni sebanyak 494.169 unit.

Tahun 2019, program BSPS ditargetkan dapat menjangkau sebanyak 206.500 unit rumah tidak layak huni melalui dua kegiatan yakni peningkatan kualitas rumah sebanyak 198.500 unit dan pembangunan baru 8.000 unit. Total anggaran program rumah swadaya dalam APBN 2019 sebesar Rp 4,28 Triliun.

Sementara untuk wilayah Sulawesi Tenggara pada tahun 2020 berpotensi mendapat kuota 2000 unit rumah, termasuk Kabupaten Konawe Utara berpeluang untuk mendapat tambahan kuota tersebut .

Laporan : Aras Moita

 

 

Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top