Home / Ekonomi & Bisnis / Resmikan Pasar Desa Silea Jaya, Kadis PMD Konawe: Semoga Dapat Mendorong Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Make Image responsive
Make Image responsive

Resmikan Pasar Desa Silea Jaya, Kadis PMD Konawe: Semoga Dapat Mendorong Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Make Image responsiveMake Image responsive

Kepala Dinas PMD Konawe, Keni Yuga Permana, S.STP, M.AP saat memotong Pita Sebagai Tanda Peresmian Pasar Desa Silea Jaya, Kamis, 25 November 2021

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Konawe Keni Yuga Permana meresmikan Pasar Desa Silea Jaya, Desa Silea Kecamatan Onembute, Kamis 25 November 2021.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Onembute Manto Krinidar, SE dan Kapolsek Onembute IPDA (Inspektur Polisi Dua) Syamsu Marlin, SH, sejumlah Kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta pedagang setempat.

Pada kesempatan tersebut Keni Yuga Permana menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Silea atas upayanya dalam membangun ekonomi kerakyatan di wilayahnya.

“Semoga dengan beroperasinya Pasar Desa ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi para penjual,” kata Keni sapaan akrab Kadis PMD Konawe.

Untuk menunjang modal usaha kata Keni, Dana Desa (DD) tahun 2022 sebagian akan dialokasikan untuk penyertaan modal pada Badan Usaha Milik Desa (BumDes).

“Dana BumDes ini bisa menjadi stimulan untuk pedagang pasar,”ujarnya.

Terkait keberadaan Pasar Desa tersebut, Keni meminta kepada Pemerintah Desa Silea untuk segera memperjelas status kepemilikannya. Karena pasar Silea Jaya kata dia adalah milik BumDes, aset milik desa.

“Status kepemilikan lahan harus segera diperjelas untuk menghindari persoalan hukum ke depannya,” pungkas Keni.

Camat Onembute Manto Krinidar, SE saat memberi sambutan pada acara peresmian Pasar Desa Silea Jaya

Senada dengan Kadis PMD, Camat Onembute, Manto Krinidar manyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Silea yang telah berbuat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, dalam hal ini membangun penguatan ekonomi kerakyatan.

Iapun berharap Pasar Desa ini maju dan berkembang dan membawa kesejahteraan untuk masyarakat Kecamatan Onembute pada umumnya dan warga Desa Silea pada khususnya.

Sebelum Pasar Desa ini ramai dikunjungi oleh pedagang maupun pembeli, Camat Onembute meminta agar penataan lapak jualan dilakukan dengan teratur dan tertata rapi.

“Penjual sayur, pakaian dan penjual ikan, begitu juga penjual campuran diupayakan dari awal terpisah. Agar pembeli dengan mudah jika hendak berbelanja, jelas yang dituju,” harapnya.

Terakhir, karena ini menggunakan Dana Desa, maka Pasar Desa Silea Jaya merupakan aset desa. Oleh karena itu dirinya meminta kepada pemerintah desa untuk segera menyiapkan administrasi pengadaan lokasi (tanah) pasar tersebut untuk dilaporkan ke pemerintah kabupaten melalui dinas PMD dan Inspektorat Konawe.

Sementara Kapolsek Onembute, IPDA Syamsu Marlin meminta semua pihak untuk secara bersama-sama menjaga Kamtibmas, sehingga Wilayah Kecamatan Onembute tetap aman dan kondusif.

Kades Silea Bislan, S.Pd saat memberikan sambutan

Kepala Desa Silea, Bislan, S.Pd mengatakan Pasar Desa Silea Jaya dibangun berdasarkan hasil musyawarah Desa dan direncanakan sejak tahun 2017.

“Pembangunan Pasar Desa ini sudah direncanakan sejak tahun 2017 lalu. Pasar ini dibangun melalui Dana Desa,” kata Bislan dalam sambutannya.

Bislan menaruh harapan besar, ke depan keberadaan Pasar Desa Silea Jaya dapat berkembang dan mendorong peningkatan perekonomian desa. Karena Pasar Desa Silea Jaya ini berada di Jalan Poros Onembute dan lokasinya mudah diakses oleh masyarakat.

“Rencana untuk pasar pagi dilakukan hari Senin dan Jumat. Untuk pasar sore akan menyesuaikan kondisi,” ungkapnya.

Menurut Bislan, Pasar Desa yang menghabiskan anggaran Rp.300 juta tersebut dikelola sepenuhnya oleh Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Silea Jaya.

Laporan: Sukardi Muhtar

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
error: Content is protected !!