Home / Lipsus / Advetorial / DPRD Konawe Gelar Rapat Paripurna Istimewa
Make Image responsive

DPRD Konawe Gelar Rapat Paripurna Istimewa

Make Image responsiveMake Image responsive

Dari Kiri ke Kanan: Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, Ketua DPRD Dr. H.Ardin, S.Sos, M.Si, Wakil Ketua Kadek Rai Sudiani, Wakil Ketua Rusdianto, SE, MM

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Selasa 16 Agustus 2022, sekira Pukul 09.00 WITA

Rapat Paripurna Istimewa dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 tahun 2022 tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Dr. H. Ardin, S.Sos, M.Si, didampingi oleh Wakil Ketua I, Kadek Rai Sudiani dan Wakil Ketua II Rusdianto, SE, MM serta Sekretaris DPRD Sumanti, S.Sos, M.AP.

Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DRPD (Gedung H. ABD. SAMAD), kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa.

Ketua DPRD Konawe Dr. H. Ardin, S.Sos, M.Si (kedua dari kiri) saat memimpin Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, Selasa 16 Agustus 2022.

Turut hadir Sekda Konawe Dr. Ferdinand.Sapan, SP, MH, Wakapolres Konawe Kompol M. Alwi, S.Ag, Dandim 1417 Kendari Letkol Inf. Bintarto Joko Julianto, S.Ip, Kasubag Pembinaan Kejari Konawe Yulianus Tabilino, SH, Ketua Pengadilan Negeri Unaaha Dian Kurniawati, SH, MH, Kepala Kantor Kemenag Konawe H. Ahmad Lita. R, S.Ag, M.Pd, Kepala Pengadilan Agama Konawe Sudirman M. S.Hi, ME, Kapolsek Unaaha Iptu Nuryamang dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemda Kabupaten Konawe.

Sebelum memasuki agenda utama, Ketua DPRD Konawe Dr. H. Ardin menyampaikan apresiasi atas kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe dalam menjaga pertumbuhan ekonomi tetap positif meski dihantam pandemi Covid-19.

Menurut Pada tahun 2019 pertumbuhan ekonomi Konawe sebesar 11,68 persen. Karena pandemi Covid-19, pada tahun 2020 pertumbuhan ekonomi daerah turun di angka 6,42 persen. Meski mengalami penurunan yang tajam, pertumbuhan ekonomi Konawe tertinggi di Sulawesi Tenggara. Pada tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Konawe kembali melejit ke angka 6,51 persen.

Suasana Rapat Paripurna Istimewa

DPRD Konawe melihat ini sebagai hasil kerja kolektif antara Pemerintah Daerah, pihak swasta dan masyarakat.

“Termasuk di dalamnya kerja kerja Pers dan NGO dalam mengawasi dan memberikan supporting terhadap kinerja pemerintah Kabupaten Konawe di bawah Kepemimpinan saudaraku Kery Saiful Konggoasa,’ kata H. Ardin.

Selanjutnya pada sesi legislasi daerah, DPRD Konawe telah menyelesaikan dan mengesahkan Perda Retribusi Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) yang nantinya diharapkan dapat mendongkrak Penghasilan Asli Daerah (PAD).

Tamu Undangan

“Kita berharap Perda RPTKA ini dapat dijalankan dengan baik sehingga dapat memberikan sumbangsih terhadap peningkatan pendapatan daerah,” harapnya.

Lebih lanjut Ardin menjelaskan regulasi ini bertujuan agar kehadiran tenaga kerja asing di Kabupaten Konawe khususnya di Morosi (PT Virtue Dragon Nickel Industry, PT OSS) dapat berkontribusi positif terhadap pembangunan daerah. Sehingga tidak terkesan kehadiran TKA hanya datang untuk mengeruk sumber daya alam kita yang ada di Bumi Konawe yang kita cintai.

Selain itu, masih kata Ardin, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Pemda Konawe telah menyepakati dan menetapkan Perda Pemilihan Kepala Desa Serentak. Di mana pada akhir bulan September 2022, sebanyak 168 Desa di Konawe akan melaksanakan Pilkades serentak.

“Kami dan tentunya semua berharap agar stabilitas daerah harus tetap terjaga karena itu merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat Kabupaten Konawe,” harapnya.

Forkopimda Konawe

Ketua DPRD Konawe Ardin menerangkan bahwa pembangunan bukan hal yang mudah karena pembangunan mencakup aspek dan dimensi yang sangat luas. Namun, dari kerja dan komitmen kita bersama dirinya yakin kita akan menunjukkan hasil yang maksimal yang dapat kita berikan kepada daerah ini.

“Totalitas dalam berkarya membuktikan bahwa keterbatasan apapun yang menjadi penghalang akan mampu kita lalui jika fokus pada sasaran dan tujuan yang ingin kita capai,” kata Ardin.

Usai pembacaan sambutan, Rapat Paripurna Istimewa ini kemudian berlanjut untuk mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman Perubahan Anggaran tahun 2022.

Laporan: Sukardi Muhtar

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

Make Image responsive

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
error: Content is protected !!